recent

Titulo

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Menyenangkan Berikut ini Bikin Kamu Semangat Belajar Bahasa Inggris

cara belajar bahasa inggris dengan mudah dan menyenangkan

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dipakai di seluruh dunia untuk berkomunikasi antara orang-orang yang berasal dari negara yang berbeda. 

Ketika kita di luar negeri, dan tidak tau alamat, tentu tidak mungkin kita bertanya pada orang sana memakai bahasa Indonesia. Apalagi bahasa daerah. Tentunya ketika kita dalam kondisi seperti itu perlu juga untuk bisa bahasa Inggris.

Di Indonesia sendiri yang bisa bahasa Inggris tidaklah banyak. Hanya sebagian kecil saja yang mampu menggunakan bahasa Inggris baik secara pasif, apalagi secara aktif. Padahal ada disebuah negara anak yang berusia 5 tahun atau kurang pun sudah lancar berbahasa Ingris. Kalau tidak percaya coba saja baca: Di negara ini anak usia 5 tahun sudah bisa bahasa Inggris.

Kalau dipikir-pikir, kita belajar bahasa Inggris dari SD sampai SMA, bahkan mungkin kuliah. Tapi setleah belajar lebih dari 10 tahun kenapa ya enggak bisa-bisa?

Mungkin jawabannya adalah karena saat kita belajar bahasa Inggris, kita tidak menyukainya. Bosan atau mungkin jenuh saat proses belajarnya. Tapi kalau kita belajar bahasa Inggris dengan cara yang mudah dan menyenangkan berikut mungkin kita akan lebih mahir menggunakan bahasa Inggris:


1. Dari lagu yang kamu dengarkan

mendengarkan lagu

Hampir semua orang suka mendengarkan musik. Apa lagi di kalangan generasi muda. Banyak juga yang suka mendengar musik-musik berbahasa Inggris.

Kamu bisa belajar bahasa Inggris dari mendengarkan lagu-lagu yang kamu suka. Bacalah liriknya sambil mendengarkan lagunya. Cobalah untuk memahami apa maksud dari lagu tersebut.

Jika kamu mendengarkan lagu sambil menonton video klipnya mungkin akan lebih dapat gambaran tentang apa arti dari lagu tersebut setelah dikaitkan dengan isi atau video klip tersebut. Baik dari ekspresi penyanyinya atau juga situasi dan cerita yang digambarkan di video klip

Carilah lagu yang bertempo lambat terlebih dahulu, supaya kamu bisa lebih mudah memahami liriknya. Setelah itu baru kamu bisa mencoba mendengarkan lagu dan memahami lirik lagu yang bertembo lebih cepat.


2. Menonton film yang kamu suka

menonton film di bioskop

Kamu juga pasti suka menonton film kan? Pasti ada jenis film yang kamu suka, entah itu film horor, misteri, inspiratif, roman, animasi, dan lain sebagainya. 

Dari menonton film, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris. Tentunya dari film-film berbahasa Inggris. 

Ketika menonton film berbahasa Inggris coba kamu pahami apa yang masing-masing tokohnya ucapkan. Kamu bisa kaitkan dengan adegan yang mereka perankan. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memahami maksud dari apa yang mereka ucapkan.

Terlebih lagi jika di film yang kamu tonton ada text berbahasa Indonesia. Jadi kamu bisa mengetahui dengan lebih mudah tentang apa yang diucapkan tokoh-tokoh di film tersebut.

Jika textnya berbahasa Inggris pun kamu bisa belajar dan mengetahui bagaimana penulisan dari kata-kata yang mereka ucapkan.

3. Menonton sepak bola atau acara olah raga lainnya

menonton sepak bola

Bagi kamu, apalagi jika kamu laki-laki. Pasti suka kan nonton bola? Atau nonton acara olahraga lainnya.

Nah, ketika kamu nonton bola, baik itu liga Inggris, Liga Itali, atau Liga Spanyol, atau juga pertandingan internasional lainnya. Pastinya ada komentator berbahasa Inggris.

Begitu pun jika kamu menonton acara olahraga lainnya seperti motoGP, F1, dan lain sebagainya. Tentu juga ada komentator berbahasa Inggris.

Cobalah pahami apa yang diucapkan komentator. Kaitkan dengan apa yang kamu tonton. Misalnya saat bola digiring ke arah gawang lalu ditendang dan terjadi gol. Dengarkan baik-baik apa yang diucapkan komentator. Tentunya kamu bisa sedikit-sedikit memahami apa yang diucapkan komentator.


4. Berkomunikasi dengan orang asing

berbincang dan berkomunikasi

Ada pepatah yang mengatakan bisa itu karena terbiasa. Saat ini, kita bisa bahasa Indonesia karena kita terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sejak kita kecil. 

Jadi jika kamu ingin bisa bahasa Inggris, kamu bisa coba membiasakan untuk berkomunikasi dengan orang asing. Misalnya ketika ada turis yang datang ke kota kamu, kamu bisa coba sapa dan berkomunikasi.

Atau jika tidak, saat ini jaman sudah modern, kamu pun bisa chatting dengan orang asing melalui internet. Anggap saja menambah pertemanan.

Dan jika kamu punya budget lebih, tentu asik juga jalan-jalan ke luar negeri sambil belajar bahasa asing di sana.


5. Buat kelompok belajar

kelompok belajar

Untuk belajar bahasa Inggris, kamu juga bisa membuat kelompok belajar. Buatlah perjanjian dengan mereka, misalnya di satu hari harus berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Jika kamu biasa menggunakan bahasa Inggris, lama-kelamaan akan bisa menggunakannya.

Itulah 5 cara belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Sebenarnya yang membuat kita bosan belajar bahasa Inggris saat di sekolah adalah terlalu banyak teori. Kita seolah selalu dituntut untuk menghafal. Padahal bahasa itu bukan untuk dihafal, tapi untuk dipahami. Dan dengan membiasakan diri mempraktekkannya kita akan semakin bisa memahami.

Namun tentu saja, belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya adalah untuk berkomunikasi secara internasional. Tentunya kita juga tidak boleh mengesampingkan bahasa nasional dan juga bahasa daerah ya :)

Silakan bagikan ilmu ini, karena banyak orang yang ingin tau tentang bagaimana cara belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.