recent

Titulo

8 cara mudah menjalani pola hidup sehat berikut tidak boleh diabaikan


Setiap orang pasti ingin mendapatkan kesehatan terus menerus. Dengan begitu seluruh aktivitas bisa dijalankan dengan normal. Lain halnya ketika mengalami sakit, tentu selain tidak enak bagi tubuh, akan banyak aktivitas yang tidak bisa dijalankan.

Di luar sana ada banyak yang tidak mendapatkan kesehatan karena mengabaikan pola hidup sehat. Ada yang beraktivitas terlalu berlebihan, ada juga yang terlalu banyak asupan yang tidak sehat. Mudah-mudhaan sobat caralogi adalah yang selalu sehat.

Sebenarnya untuk menjalani pola hidup sehat tidak teralu rumit. Yang rumit adalah justru ketika sudah sakit, apalagi harus dirawat di rumah sakit. Tentu bukan hanya rumit pengobatannya saja, tapi mungkin juga biaya.

Untuk itu jangan abaikan cara praktis menjalani pola hidup sehat berikut ini:

1. Makan teratur dan yang menyehatkan


Makanan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh. Makanlah makanan yang menyehatkan. Jika pun ada makanan menyehatkan yang tidak kamu sukai, setidaknya pilih makanan yang menyehatkan lainnya dan hindari makanan yang tidak baik bagi tubuh.

Hindari terlalu banyak makanan yang mengandung lemak dan kolestrol. HIndari juga terlalu banyak memakan makanan yang mengandung pengawet. 

Kamu perlu makan makanan yang mengandung protein untuk perkembangan dan mengganti sel yang rusak seperti daging, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Kamu juga perlu makan buah-buahan karena buah-buahan baik bagi kesehatan.

Saat pagi hari biasakan untuk sarapan terlebih dahulu. Sarapan kadang banyak yang melewatkannya karena terburu-buru berangkat untuk beraktivitas. Jika setelah sarapan, tentu beraktivitas akan lebih semangat.

2. Minum air putih yang cukup


Minum air putih yang cukup juga kadang banyak yang mengabaikannya. Padahal sebaiknya kita minum air putih sebanyak delapan sampai sepuluh gelas setiap hari. 

Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi. Jadi untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang akibat keringat atau buang air kecil, tentu kita perlu minum air putih yang cukup. Karena air putih sangat penting untuk metabolisme tubuh.

Minum air putih juga tidak boleh berlebihan. Karena kelebihan cairan tubuh juga tidak baik bagi kesehatan.

Biasakan juga minum air putih setelah makan untuk memperlancar asupan makanan ke dalam tubuh.

3. Olahraga teratur


Olahraga yang teratur juga baik untuk tubuh. Biasanya karena kesibukan atau kemalasan, orang jarang berolahraga. Mulai dari sekarang biasakan berolahraga secara teratur. Tidak perlu terlalu berat, cukup gerak jalan atau joging saja. Kamu juga bisa melakukan olahraga yang kamu sukai seperti sepakbola, basket, atau lain sebagainya.

Aktivitas berolahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Karena sinar matahari pagi juga baik bagi tubuh. Selain itu di pagi hari udaranya sejuk dan menghirup udara sejuk juga baik bagi kesehatan. Lain halnya dengan siang hari terik yang panas dan cahaya matahari mengandung ultraviolet yang tidak baik bagi kesehatan. 

Akan lebih baik jika bisa berolahraga setiap hari. Tapi jika kamu cukup sibuk dengan aktivitas sehari-hari, lakukan di saat libur saja. Misalnya satu kali atau dua kali seminggu.

Itu penting, karena olahraga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik dan metabolisme tubuh juga menjadi lebih baik. Selain itu, olahraga juga membuat aliran darah ke otak dan juga seluruh sel lainnya menjadi lancar. Jika kamu muslim, gerakan sholat juga sangat baik bagi kesehatan.

Dalam berolahraga, yang penting adalah sesuai kesanggupan. Jangan sampai memaksakan untuk terus berolahraga padahal tubuh sudah sangat letih dan tidak kuat. Justru itu yang tidak baik bagi kesehatan.


4. Istirahat yang cukup


Istirahat yang cukup juga kadang diabaikan bagi mereka yang sibuk. Padahal saat istirahat, tubuh bekerja mengobati dirinya sendiri. Tidur juga dapat menghilangkan stress. 

Berdasarkan penelitian, tidur 6 sampai 8 jam sehari baik bagi kesehatan. Jika kamu sering mengalami susah tidur, jangan minum obat tidur, justru itu tidak baik. Tapi baca cara cepat tidur untuk mengatasi susah tidur.

Tidur yang baik adalah di saat malam. Di saat siang hari juga bagus buat kesehatan. Akan tetapi, hindari tidur di pagi hari, karena itu tidak baik bagi kesehatan. Jikak kamu sering bangun kesiangan dan pagi hari masih tidur, baca cara agar bangun tidur tepat waktu.

Tidur di saat sore hari juga tidak baik. Jadi, hindari tidur di pagi dan sore hari. Kecuali jika kamu bekerja di malam hari yang menuntut kamu untuk tidur di pagi hari.


5. Aktivitas seimbang


Untuk menjalani pola hidup sehat, aktivitas juga harus seimbang. Kamu harus mengatur waktu bekerja kamu. Jangan sampai terlalu banyak bekerja akrhinya membuat kamu kurang istirahat, lupa waktu makan, dan juga mengalami stress.

Atur juga waktu liburan supaya aktivitas kamu seimbang. Baca cara mengisi liburan tanpa terjebak macet dan tanpa menghabiskan uang. Karena kalau liburan justru terlalu lama kejebak macet dan menghabiskan uang saat liburan, itu juga bisa membuat kamu malah tidak sehat (stress).

6. Hindari asupan yang tidak sehat


Asupan bukan hanya makanan. Mungkin banyak sekali yang sering merokok. Sebaiknya merokok dihindari karena itu sangat tidak baik bagi kesehatan. Itu sudah tercantum di bungkus rokoknya sendiri. Jangan diabaikan peringatan itu karena sudah banyak yang bahkan kehilangan nyawa karena merokok.

Kamu juga perlu jangan terlalu dekat dengan orang yang sedang merokok. Karena menghirup asap yang dikeluarkan oleh perokok lebih berbahaya daripada merokok. Banyak contoh kasus perokok pasif yang tidak pernah merokok justru menderita penyakit yang disebabkan oleh asap rokok.

Jika kamu tinggal di kota besar, hindari juga terlalu sering menghirup asap knalpot. jika itu tidak bsia dihindari, sesekali pergilah ke tempat yang udaranya sejuk dan hiruplah udara sejuk.

Hindari juga minum minuman keras karena itu juga sangat sangat sangat tidak baik bagi kesehatan selain juga dapat menghilangkan kesadaran yang membuat kamu bisa melakukan kejahatan.

Minum kopi terlalu sering atau minuman yang mengandung kafein juga tidak baik bagi kesehatan. Selain terlalu banyak minum kopi bisa mengganggu pola tidur juga.

Jika perlu, tambah asupan yang menyehatkan. Misalnya multivitamin atau suplemen yang baik bagi tubuh.

7. Hindari stress


Stress juga bisa menimbulkan banyak penyakit. Jadi, hindari terlalu banyak memikirkan masalah yang bisa membuat kamu stress.

Selalu berpikir positif atas apa pun yang terjadi padamu. Ketika kita berpikir negatif, mengeluh, emosi, dan lain sebagainya, tentu akan membuat stress dan tidak baik bagi kesehatan.

Buatlah dirimu bahagia. Selalu bersyukur dan merasa bahagia. Jika kamu sedang ada masalah, baca 5 cara menjalani hidup walau banyak masalah.

8. Amal, ibadah, dan doa


Yang memberikan kesehatan dan yang menurunkan penyakit kepada manusia tentu saja Tuhan Yang Maha Kuasa. Untuk itu senantiasa beribadah, beramal, dan berdoa untuk selalu diberikan kesehatan sangat penting.

Selain itu, kita juga harus mensyukuri kesehatan dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang memberikan kebaikan. 

Demikianlah cara praktis menjalani pola hidup sehat. Silakan share info ini, semoga saja kita semua dan juga sobat caralogi lainnya selalu diberikan kesehatan.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.