recent

Titulo

5 Cara Menjalani Hidup dengan Bahagia Walau Banyak Masalah Menerpa

cara menjalani hidup dengan bahagia


Sobat, kamu tau kan, yang namanya bahagia itu adalah keinginan semua orang. dari mulai ustad sampai penjahat paling keji sekali pun, semuanya ingin bahagia.

Namun persepsi kebahagiaan masing-masing orang itu berbeda-beda. Ada orang yang merasa akan bahagia ketika mempunyai uang banyak, punya jabatan tinggi, punya banyak istri, dan lain sebagainya.

Sobat, pasti kamu juga ingin menjalani hidup dengan bahagia. Walau mungkin kadang di antara kita semua pasti pernah mengalami stress, kecewa, sedih, marah, atau hal-hal lain yang mengikis kebahagiaan kita. Apalagi ketika masalah datang silih berganti. Rasanya seperti awan mendung yang bergelayut di langit, menghalangi birunya langit yang indah, sementara petir menyambar silih berganti.

Tapi tunggu dulu. Sebenarnya cara untuk menjalani hidup, menjalani hari-hari dengan diiringi kebahagiaan itu tidak sulit. Justru kita lah yang sering kali membuatnya merasa sulit.

Lalu bagaimana caranya tetap merasa bahagia walau masalah datang silih berganti?
Hal yang harus kamu lakukan adalah:

1. Kerjakan apa yang kamu cintai atau cintai apa yang kamu kerjakan

kerjakan apa yang kamu cintai

Banyak yang tidak merasa bahagia karena tidak menyukai apa yang mereka kerjakan. Jika kamu baru mau memilih jurusan kuliah, penting untuk memilih jurusan kuliah yang kamu sukai. 

Begitu juga bagi kamu yang bekerja, pilihlah pekerjaan yang kamu cintai. Karena kamu akan menghabiskan waktu dengan pekerjaan itu setiap hari. Jika kita enjoy mengerjakannya, tentu kita akan merasa lebih bahagia.

Walaupun mungkin banyak hal atau tugas yang harus diselesaikan dari apa yang kita kerjakan tersebut. Tapi dengan mengerjakan sesuatu diiringi perasaan bahagia, kita akan bisa melewatinya dan selalu menjadi lebih baik, karena kita punya semangat yang tinggi untuk mengerjakannya.

Lalu bagaimana jika jurusan kuliah atau pekerjaan yang kamu pilih tidak sesuai dengan keinginan orang tua?

Memang mungkin ada orang yang mengalami hal tersebut. Tapi selama pilihan kamu itu baik, dan bisa memberikan manfaat untuk banyak orang nantinya, kamu tidak usah ragu untuk memilihnya. Tentunya kamu harus memberikan pengertian terlebih dahulu pada orang tua. Lalu buktikan kalau kamu memang tidak salah memilih.

2. Luangkan Waktu bersama orang terdekat

Keluarga, Anak Anak, Bahagia, Orang Orang, Ibu, Ayah

Di setiap rutinitas kamu, walaupun mungkin kamu sudah memilih rutinitas yang kamu sukai, bisa saja ada kalanya kamu merasa jenuh. Terlebih jika ada masalah yang menghadang.

Ketika hal itu terjadi, mungkin sudah saatnya kamu meluangkan waktu sejenak bersama orang terdekat. Bisa keluarga, sahabat, atau siapa pun. 

Di saat itu kamu bisa saling sharing masalah atau rutinitas kamu. Siapa tau masalah yang sedang kamu hadapi mendapat solusinya. Jika pun tidak, setidaknya dengan menceritakan masalah kamu, pikiran kamu akan merasa lebih lega. 

Percayalah, jika kamu bisa membangun keakraban dengan orang lain, jika kamu ada masalah, mereka akan senantiasa membantumu.


3. Refreshing Sejenak

refreshing

Untuk me-refresh kembali kondisi kamu yang mulai terkikis kebahagiaannya akibat masalah atau rutinitas yang kamu pikirkan. Kamu bisa refreshing sejenak. 

Pergilah ke tempat-tempat yang membuat kamu merasa tenang, seperti menikmati udara pegunungan atau menikmati panorama pantai dan lautan. Atau bisa juga sekedar pergi ke taman kota, atau bahkan bisa juga sekedar menikmati udara sejuk di halaman rumah.

Sobat, kamu bisa juga refreshing dengan mengerjakan hobi yang kamu miliki.

Dengan begitu, kamu bisa sejenak melupakan masalah yang menerpamu saat ini. Dan kamu akan menyadari, bahwa dalam hidup ini ada hal-hal yang luar biasa indahnya. Yang mungkin tidak kamu sadari ketika kamu hanya memikirkan masalah yang menerpamu saja. 

4. Atur gestur tubuh dan yakin bahwa kamu sedang bahagia

Orang, Manusia, Perempuan, Wajah, Rambut, Tertawa

Ini adalah cara agar kamu bisa mengubah diri kamu menjadi bahagia hanya dalam waktu singkat. Walau kamu sedang diterpa masalah.

Kita harus memahami dulu bagaimana gestur orang yang sedang tidak bahagia. Biasanya orang yang tidak bahagia pandangannya menunduk, bahunya menurun, dahinya mengkerut, dan juga mulutnya cemberut, serta ritme nafasnya pendek-pendek.

Kita juga harus memahami bagaimana gestur orang yang sedang bahagia. Biasanya penuh dengan semangat, pandangan ke depan, badannya tegak, bahunya naik, wajahnya tersenyum, dan nafasnya lebih panjang.

Jadi, yang perlu kita lakukan ketika tanpa kita sadari kita sedang tidak bahagia adalah, atur gestur yang tadinya gestur orang tidak bahagia menjadi gestur orang bahagia.

Naikkan pandangan ke depan, naikkan bahu sedikit, hirup nafas lebih panjang dan keluarkan perlahan. Mulailah tersenyum. Dan yakinkan juga pada dirimu sendiri kalau kamu saat ini sedang bahagia.


5. Sikapi masalah secara positif

Kepalan Tangan, Pemberontakan, Pemberontak, Lengan

Mengubah diri yang tadinya tidak bahagia karena masalah yang menerpa menjadi lebih bahagia walaupun ada masalah bukanlah berarti mengabaikan masalah.

Tapi kira harus bisa menyikapi masalah secara positif.

Bagian ini akan dibahas khusus, silakan baca cara menyikapi masalah secara positif

Sebelumnya, jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan ragu untuk share ke social media. Karena mungkin saja ada teman-temanmu saat ini yang diterpa masalah, dan ia merasa tidak bahagia. Mudah-mudahan dengan membaca artikel ini mereka bisa menjalani hidup bahagia walau sedang diterpa masalah.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.