recent

Titulo

Ini 6 Cara Menghafal dan mengingat dengan Mudah dan Cepat yang Mungkin Belum Kamu Tau

cara menghafal dan mengingat dengan mudah dan cepat


Setiap orang tentu perlu menghafal sesuatu. Terlebih siswa dan mahasiswa yang dituntut untuk bisa menghafal tentang materi pelajaran tertentu.

Tapi kadang tak mudah bagi banyak orang untuk menghafal. Setiap kali membaca berulang-ulang selalu tidak menempel di ingatan. Lantas apa yang membuat sulit sekali menghafal dan bagaimana caranya menghafal dengan mudah dan cepat.

Kawan, mudah atau sulitnya menghafal tergantung dari beberapa faktor. Misalnya seberapa rumit materi yang ingin dihafalkan, seberapa tenang pikiran kita dan seberapa bebas pikiran kita dari masalah yang dipikirkan, serta keinginan kita sendiri apakah menghafal sesuatu itu karena keinginan pribadi atau karena keterpaksaan.

Jadi, berikut ini adalah beberapa cara menghafal dengan mudah dan cepat:


1. Menghafal apa yang kita suka dan ingin dihafal

belajar apa yang disukai

Ini yang kita bahas di awal tadi. Jika kita ingin menghafal sesuatu yang benar-benar kita inginkan dan kita menyukainya, tentu akan lebih mudah jika dibandingkan menghafal sesuatu yang sebenarnya kita tidak suka dan hanya karena keterpaksaan semata. Misalnya disuruh guru atau dosen, atau lain sebagainya.

Contohnya begini, jika kamu menyukai lagu favoritmu, kamu pasti hafal kan liriknya, atau jika kamu punya tim favorit sepakbola kamu pasti hafal kan nama-nama pemain di tim tersebut dan hal lainnya tentang tim tersebut.

2. Singkat apa yang ingin dihafal

LOL

Semakin rumit sesuatu yang ingin dihafal maka semakin sulit pula kita menghafalnya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah menyingkatnya agar kita lebih mudah mengingatnya.

Misalnya ketika kita ingin ke pasar atau swalayan untuk berbelanja. Misalnya kita ingin membeli sayur, daging, petai, terong, lengkuas, dan kue kelepon. Bagaimana caranya untuk menghafalnya?

Kita buat singkatan menjadi SADAP TELEPON yang merupakan singkatan dari sayur, daging, petai, terong, lengkuas, dan kue kelepon.

Singkatan yang kita buat sebisa mungkin berupa kata yang bermakna. Akan tetapi jika berupa kata yang tidak bermakna pun tidak apa-apa. Yang penting kita mudah mengingat singkatan tersebut.

Teknik ini pernah saya pakai untuk menghafal susunan unsur alkana saat pelajaran Kimia dulu. sampai sekarang saya masih ingat betul susunan unsur alkana pada pelajaran Kimia waktu SMA. Susunan tersebut terdiri dari Metana, Etana, Propana, Butana, Pentana, Heksana, Heptana, Oksana, Nonana, Dekana.

Kenapa saya masih hafal, padahal itu sudah sekian tahun yang lalu. Lebih jelasnya nggak usah disebutkan berapa tahun yang lalunya, nanti ketauan umurnya hehehe .... Tapi yang pasti, yang membuat saya masih hafal susunan unsur alkana tersebut adalah pada saat itu cara menghafalnya saya singkat menjadi MEP BP HH ONDE. Jauh lebih mudah menghafalnya kan? 


3. Apa yang ingin dihafal diperpanjang

tarik tambang

Nah, jika tadi yang ingin dihafal harus disingkat agar lebih mudah diingat, lalu mengapa kali ini yang ingin dihapal justru harus diperpanjang?

Teknik ini berlaku apabila ada susunan singkata yang sulit untuk dihafal dan lebih mudah dihapal dalam bentuk kalimat. 

Teknik ini biasanya pernah atau sering dipakai untuk menghafal susunan rumus kimia atau susunan tabel periodik. Contohnya silakan lihat tabel periodik kimia berikut ini.

tabel periodik unsur kimia


Kita bisa membuat kalimat karangan yang mudah diingat untuk menghafal tabel periodik unsur Kimia. Misalnya di golongan satu yang terdiri dari unsur H, Li, Na, K, Rb, CS, Fr. Kita bisa buat kalimat seperti ini: Hajah Lina Ke Rumah Baru Cs Frangky

Atau di golongan IIA yang terdiri dari Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra. Kita bisa buat kalimat seperti ini: Beli Mangga Cari Sirsak Bawa Rambutan. Jauh lebih mudah diingatnya, kan?


4. Menghafal dengan nada atau lagu

mendengarkan lagu

Kalau kamu suka menyanyi atau mendengarkan musik, mungkin tanpa kamu sadari kamu pasti hafal baik sebagian atau seluruh lirik lagunya. Dan itu bukan hanya satu lagu. Padahal mungkin kamu enggak berniat menghafalnya. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Karena otak kita memang lebih mudah menghafal dan mengingat sesuatu yang bernada. Jadi, ketika kita ingin menghafal sesuatu agar terus ingat, kamu bisa buat kalimat yang ingin dihafal itu menjadi bernada. Nada lagunya bisa ngarang sendiri atau dari lagu yang sudah ada diganti liriknya dengan kalimat yang ingin kamu hafal.

Dengan begitu hafalan itu akan lebih mudah menempel di otak. Tapi jangan lagu "Lumpuhkanlah ingatanku" ya? Nanti kamu malah hilang ingatan hehehe ...


5. Divisualkan menjadi gambar

menggambar

Otak manusia jauh lebih mudah mengingat gambar dibandingkan text atau kalimat. Sebagai contoh mungkin kamu pernah bertemu dengan seorang yang wajahnya kamu ingat tapi kamu lupa namanya. Kenapa namanya bisa lupa padahal nama panggilan hanya terdiri dari satu kata saja. Sedangkan wajah terdiri dari mata, hidung, mulut, dahi, pipi, rambut, dan lain sebagainya.

Atau mungkin kamu juga pernah melewati suatu daerah yang kamu ingat pernah lewat daerah tersebut tapi kamu lupa apa nama jalannya. itu juga membuktikan bahwa otak manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingkan text atau kalimat.

Atau mungkin kamu juga sulit sekali melupakan wajah mantan yang selalu terbayang di benakmu? Kamu selalu membayangkan senyumnya, tawanya, sorot matanya, cara bicaranya, dan lain sebagainya. Ah... kalau itu sih kamu harus baca tentang bagaimana caranya melupakan dia yang pernah lama menghuni ruang hatimu.

Artinya jika kamu ingin menghafal sesuatu, sebisa mungkin divisualkan dalam bentuk gambar. Misalkan kita bisa buat bagan. Dengan membuat bagan, contohnya walikota Bandung, Ridwan Kamil pun dalam membuat program-programnya mengatasi masalah di kota Bandung bisanya membuat bagan tentang apa saja rencana yang akan dilakukan. Contohnya seperti ini bagan yang dibuatnya.

bagan program-program Walikota Bandung


Nah, kamu pun dalam mengingat tentang materi pelajaran, atau membuat rencana yang ingin diingat bisa juga membuat hal seperti itu. 


6. Yang ingin dihafalkan harus sering dilihat

melihat

Untuk menghafalkan sesuatu, memang sebaiknya materi tersebut harus sering dilihat, agar lebih cepat hafal dan nantinya tidak mudah lupa.

Untuk itu kamu bisa tempelkan kertas yang bertuliskan materi tersebut di dinding kamar, di pintu, di lemari, dan lain sebagainya. Atau ada juga yang bisa kamu simpan di dompet.

Lebih bagusnya setiap kali kamu ke mana pun selalu melihat materi tersebut. Apalagi jika kamu sudah membuat bagan. Jadi ketika ditempelkan di dinding kamar, akan lebih mudah mengingatnya.


Itulah beberapa cara menghafal dan mengingat dengan mudah dan cepat yang bisa kamu praktekkan. 

Selain dari cara-cara yang bisa kamu praktekkan di atas, kamu juga sebisa mungkin jangan terlalu banyak memikirkan hal yang tidak perlu kamu pikirkan, intinya jangan stress. Karena kalau otak dalam kondisi stress akan sulit untuk menghafal.

Selain itu kurangi atau hindari maksiat. Loh apa hubungannya? Dikisahkan dulu ada seorang ulama yang hafal Al-quran dan hafal seluruh hadis-hadis. Tapi suatu ketika tanpa sengaja ia melihat betis seorang wanita, namun ia tidak memalingkan pandangannya. Itu baru betis loh ya alias kaki di bagian di bawah dengkul. Tapi seluruh hadis-hadis yang dia hapal tiba-tiba hilang semua. 

Selain itu hindari juga asupan-asupan yang dapat merusak otak. Seperti rokok, minuman keras, apalagi narkoba. Wah kalo udah mengonsumsi yang kaya begituan sih susah mau hafalnya. 

Sadarilah bahwa banyak orang yang ingin tau bagaimana cara menghafal dan mengingat dengan mudah dan cepat. Bagikanlah artikel berikut ini pada mereka melalui media sosial. Mudah-mudahan bermanfaat
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.