recent

Titulo

Ternyata ada 3 bahaya mandi bola bagi anak-anak. Coba baca

mandi bola

Mungkin sobat caralogi sering melihat di mall atau tempat rekreasi ada tempat mandi bola untuk anak-anak bermain. Dan itu menjadi pilihan orang tua untuk membahagiakan anaknya. Di sisi lain, mandi bola terlihat adalah permainan yang sama sekali tidak berbahaya. Anak-anak bisa dengan senang berenang di antara tumpukan bola berwarna-warni sambil sesekali mengambil dan melemparkan bola.

Tapi siapa sangka, tempat permainan mandi bola ternyata menyimpan bahaya yang serius. Ya, bukan bahaya biasa. Sudah ada anak-anak yang menjadi korban karena permainan mandi bola tersebut. Dari mulai menderita penyakit bahkan ada yang hingga meninggal dunia.

Berikut adalah beberapa bahaya dari tempat bermain mandi bola:


1. Infeksi virus dan bakteri


Di tempat mandi bola kemungkinan terdapat banyak virus dan bakteri. Bayangkan saja, itu adalah tempat umum yang setiap harinya banyak orang yang datang dan bermain mandi bola di tempat itu. Yang memungkinkan terdapatnya virus atau bakteri atau juga penyakit yang menular.

Di tambah lagi yang namanya anak-anak, kemungkinan juga ada yang muntah di situ atau buang air di tempat itu. Selain itu tempat di tempat mandi bola biasanya di ruangan yang lembab, yang memungkinkan virus untuk hidup di tempat itu. Sementara kita tidak pernah tau kapan bola-bola itu dibersihkan. 

Untuk membersihkan kolam mandi bola tentu lebih sulit dibandingkan membersihkan kolam air biasa. Jika kolam air hanya tinggal menguras airnya, lalu membersihkan kolamnya dan mengganti airnya dengan air yang baru. Sementara kolam tempat mandi bola tentu harus memindahkan bola-bola itu dan membersihkannya dengan cara yang lebih sulit.

Kejadian nyata seorang anak yang terkena virus setelah mandi bola sudah banyak terjadi. Contohnya adalah Riska, anak berusia 3-4 tahun yang setelah mandi bola di salah satu mall di Bandung, 4 hari kemudian tiba-tiba tidak bisa berjalan dan merasa sakit. Setelah diperiksa ke dokter, ternyata ia terkena virus yang menyebar melalui sumsum tulang belakang dan merambat sampai ke otak. Menurut dokter, virus tersebut masih jarang ditemukan.

Setelah ibu anak itu bercerita pada kakak iparnya, ternyata kakak iparnya juga mengungkapkan ada anak teman kantornya yang mengalami hal serupa setelah mandi bola. Jadi, berhati-hatilah jika anak-anak bermain di tempat mandi bola. Bisa jadi tempat itu penuh dengan virus dan bakteri penyebar penyakit.


2. Gigitan serangga dan hewan lain


Tempat mandi bola biasanya lembab dan tumpukkan bola-bola itu bisa menjadi tempat yang nyaman bagi serangga atau hewan lainnya untuk bersarang. Yang berbahaya adalah jika di tempat mandi bola itu terdapat serangga berbahaya seperti kalajengking, laba-laba, lipan, atau serangga berbahaya lainnya. Tentu gigitannya bisa sangat mematikan.

Selain serangga, bisa jadi juga tempat mandi bola menjadi tempat hewan lain yang berbahaya seperti ular. Ular memang suka bersarang di tempat yang lembab dan gelap. Di tempat mandi bola tentu tidak seperti kolam renang biasa yang kalau ada hewan akan terlihat, sementara di tempat mandi bola akan sulit terlihat. Karena itu yang berbahaya jika orang tua tidak menyadari jika anaknya telah digigit hewan berbahaya, yang disadari racunnya akan tersebar.

Kejadian anak digigit ular di tempat mandi bola memang benar-benar pernah terjadi. Di Amerika serikat pada tahun 1998 terjadi kasus anak-anak digigit ular di tempat bermain mandi bola. Setelah diselidiki ternyata ular itu telah bertelur dan beranak pinak di bagian bawah dari kolam tempat mandi bola.

Kisah yang sama juga pernah terjadi di tempat mandi bola di sebuah restoran cepat saji. Seorang anak digigit ular di lengan dan pantatnya. Kemudian anak itu pun tidak tertolong dan meninggal dunia. Ketika kolam mandi bola itu dibersihkan, ternyata ditemukan sarang ular berbisa di dasar kolam tersebut. 

3. Terkena benda-benda berbahaya


Bahaya yang ketiga dari tempat mandi bola adalah kemungkinan adanya benda-benda berbahaya. Kita tidak tau ada apa saja di kolam tempat mandi bola. Bisa saja di kolam yang penuh bola-bola tersebut ada benda-benda yang berbahaya bagi anak-anak. Mungkin suatu benda yang keras atau benda yang tajam.

Bahkan sempat ada sebuah kasus, di Jerman ada seorang anak berusia 3 tahun harus kehilangan nyawa setelah bermain di kolam mandi bola. Saat mandi bola, anak itu berteriak kesakitan. Ia merasa pantatnya terasa sakit seperti tertusuk suatu benda. Setelah dilihat oleh ibunya ternyata ada memar bekas tusukan sebuah benda tersebut yang kemudian semakin membengkak.

Anak itu pun kemudian mulai gemetar, menggigil dan muntah-muntah, serta matanya berputar ke belakang. Sang ibu pun segera membawanya ke rumah sakit. Setelah dirawat di ICU, ternyata anak tersebut tidak bisa tertolong, ia harus meninggal dunia.

Yang mengejutkan adalah, dari hasil pemeriksaan dokter ternyata anak itu meninggal karena overdosis heroin. Sang ibu tentu kaget bukan kepalang karena tidak mungkin anaknya mengkonsumsi heroin. Tapi setelah polisi memeriksa kolam mandi bola tempat anak itu mandi bola ternyata ditemukan beberapa jarum suntik. Ada yang sudah digunakan dan ada juga yang belum digunakan. Ternyata anak itu tertusuk jarum suntik yang berisi heroin.

Selain menemukan jarum suntik, ternyata polisi juga menemukan banyak bekas makanan, pisau-pisau kecil, dan ada juga beberapa hal yang menjijikan.

Setelah diintrogasi, manager restoran tempat permainan mandi bola tersebut mengakui bahwa tempat mandi bola tersebut hanya dibersihkan beberapa kali saja dalam setahun. Mungkin ia tidak menyadari ada orang-orang yang menyimpan benda-benda berbahaya di kolam mandi bola itu.
***

Itulah beberapa bahaya mandi bola bagi anak-anak. Walaupun kelihatannya tidak berbahaya ternyata kolam tempat mandi bola menyimpan bahaya yang sangat serius.

Jadi jika sobat punya anak atau keponakan, atau juga adik yang masih kecil, peringatkan agar jangan dibawa bermain ke tempat mandi bola. Berhati-hatilah. Silakan sebarkan juga info ini agar lebih banyak sobat caralogi lainnya yang mengetahui info ini dan lebih waspada. 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.