recent

Titulo

Ini 14 tips dan trik memasak yang belum diketahui banyak orang

memasak

Sobat caralogi, mungkin di antara sobat ada yang setiap harinya memasak baik untuk diri sendiri atau untuk memenuhi kebutuhan makan bagi keluarga. 

Tentu bagi yang sudah terbiasa memasak sudah paham betul bagaimana caranya memasak. Tapi ternyata ada beberapa tips dan trik memasak yang belum diketahui banyak orang. Yang jika kamu tau trik berikut ini, kamu akan mengerjakan pekerjaan dapur lebih efektif.

Berikut adalah beberapa tips dan trik memasak yang belum diketahui banyak orang:


1. Saat mencuci kangkung, atau sayur jenis tumbuhan lainnya, saat pertama dibilas, taburkan sesendok garam lalu biarkan sesaat agar binatang-binatang mungil yang mungkin masih hidup di batang serta daunnya mati.

2. Supaya telur rebus mudah dikupas, saat telur masih panas atau baru matang, celupkan telur rebus tersebut ke dalam air es.

3. Biasanya ketika digoreng, cabai suka meletup-letup, tentu jika mengenai mata bisa pedih. Maka agar cabai tidak meletup-letup saat digoreng, sebelum digoreng, tusuk-tusuk atau gores cabai tersebut menggunakan pisau.

4. Agar adonan kue bisa mengembang, telur yang dipakai di adonan tersebut sebelum dikocok dan dicampur ke adonan, pastikan dalam keadaan suhu ruangan, bukan suhu dingin. Karena jika suhu telur masih dingin bisa membuat adonan tidak mengembang.

5. Cuci tahu dengan air bersih lalu siram menggunakan air panas. Setelah itu lap dengan tisu dan simpan di dalam tupperware, tutup kedap, lalu letakkan di dalam kulkas. Ini supaya tahu lebih awet saat disimpan. Insya Allah cara ini bisa membuat tahu tahan sampai 1 minggu.

6. Jika ingin mengetahui telur busuk atau tidak, kita bisa menggunakan tes apung. Celupkan telur di atas air, bila mengapung di atas air itu tandanya telur telah busuk.

7. Mengiris bawang merah bisa membuat mata pedih. Supaya saat mengiris bawang mata tidak pedih, coba letakkan wadah berisi garam di samping talenan, Insyaa Allah dengan cara ini bisa  menghindarkan mata dari rasa pedih.

8. Untuk menyimpan sayuran di kulkas, gunakanlah kertas koran atau majalah bekas. Jangan menggunakan plastik. Karena jika menggunakan plastik bisa membuat air embun sayuran menggenang di dalam bungkus plastik, hal ini bisa menyebabkan sayur cepat busuk

9. Kentang bisa menghilangkan bau di dalam kulkas. Jadi agar di dalam kulkas tidak bau, coba belah kentang serta letakkan di dalam kulkas.

10. Supaya daun pepaya dan pare tak terlalu pahit waktu dimasak, sebelum ditumis, rebus terlebih dahulu pada air rebusan daun jambu biji (rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu sampai mendidih, masukkan daun jambu, tunggu sekitar lima menit, masukkan daun pepaya atau pare) pisahkan sementara waktu, matikan api. Baru setelah itu dinginkan, lalu siap untuk dimasak sesuai keinginan. 

11. Jika menyimpan daging pada freezer, jangan sering keluar masuk freezer berulangkali, sebab hal ini mampu membuat bakteri berkembang biak. Sebaiknya dagingnya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai dengan perkiraan kebutuhan setiap memasak dan simpan pada plastik kecil-kecil secara terpisah. sehingga waktu akan mengambil, ambil seperlunya saja.

12. Jika beras disimpan, seringkali muncul kutu. Supaya di beras tidak ada kutu beras,  di tempat menyimpan beras tersebut, taruh kopi serbuk di dalam plastik yang diberi sedikit lubang. Cara ini Insya Allah bisa membuat kutu tidak mau datang ke beras, karena kutu beras ternyata tidak senang dengan aroma kopi. 

13. Peralatan masak bisa kusam karena sering terkena bumbu masak. Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir atau kunyit, atau juga jika panci sering digunakan untuk merebus hingga warnanya jadi kekuningan. Cobalah ambil sesendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sesaat, lalu bilas. Jika masih terdapat noda ulangi lagi cara tersebut.

14. Supaya tempe tidak cepat busuk, jangan simpan di dekat garam.

***

Itulah beberapa trik dan tips memasak yang belum diketahui banyak orang. Cara ini tentu bisa membuat pekerjaan dapur kamu lebih efektif.

Silakan share cara ini agar sobat caralogi lainnya mengetahui tips dan trik ini.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.