recent

Titulo

Ini beberapa posisi tidur yang baik dan yang buruk. Salah posisi bisa berbahaya

posisi tidur yang baik dan yang buruk bagi kesehatan

Tidur adalah kebutuhan setiap manusia, bahkan setiap makhluk hidup. Kurang tidur atau tidak tidur beberapa hari bisa menjadi penyebab penyakit, bahkan dapat menimbulkan kematian. 

Saat tertidur, produksi sel dan juga perbaikan sel bekerja secara optimal. Selain itu tidur yang cukup dapat membuat pikiran kita bisa berfungsi dengan baik. Coba saja lihat orang-orang yang sering kurang tidur karena galau dan banyak masalah, pikirannya sering tidak sehat kan? 

Jadi, penting untuk tidur yang cukup, tidak kurang tidur tapi tidak juga berlebihan. Jika kamu susah tidur bisa baca 8 cara mengatasi susah tidur.

Dan yang perlu diperhatikan lagi adalah posisi saat kita tidur. Ternyata posisi tidur juga ada yang tidak baik bagi kesehatan. Jadi kita juga perlu tau posisi tidur seperti apa saja yang baik bagi kesehatan dan yang buruk bagi kesehatan. Berikut ini beberapa posisi tidur yang baik:

1. Tidur di alas yang empuk


Yang pertama harus diperhatikan saat mau tidur adalah tentu lebih baik kita tidur di alas yang empuk, yang bisa mengikuti kontur tubuh kita saat kita berbaring.

Tidur di tempat yang keras seperti lantai yang hanya beralas tikar selain tidak nyaman juga tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika kamu tidur di atas benda-benda yang tajam, misalkan kulit duren. Wah ... itu sih jelas tidak baik bagi kesehatan. Jadi, jika ada tentu lebih baik tidur di kasur yang empuk.

2. Posisi tidur telentang


Tidur dengan posisi terlentang adalah posisi yang paling nyaman. Posisi ini membuat kepala, leher, dan tulang belakang mempertahankan posisi netral yang dapat mencegah sakit leher dan punggung. 

Tapi, posisi tidur telentang tidak cocok untuk orang yang mempunyai kebiasaan mendengkur atau mengorok. Posisi tidur telentang adalah posisi yang paling memungkinkan orang untuk mendengkur. Karena Rahang dan tenggorokan yang terpengaruh grafitasi bisa menyebabkan tenggorokkan menyempit yang menghasilkan turbulensi udara. Sehingga membuat getaran dan dengkuran.

Namun posisi tidur telentang tentu masih dikategorikan sebagai posisi tidur yang baik. 


3. Posisi tidur miring ke kanan


Posisi tidur miring ke kanan adalah posisi tidur yang baik bagi kesehatan. Dengan tidur miring bisa mengurangi tekanan pada tulang punggung sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya sakit punggung. Selain itu juga bisa melancarkan pernafasan dan tidak berefek buruk bagi organ-organ tubuh. 

Yang perlu diperhatikan saat tidur dengan posisi miring adalah lebih baik gunakan bantal yang tidak terlalu empuk. Karena jika terlalu empuk akan membebani pundak. 

Yang perlu dihindari adalah jangan tidur dengan posisi miring ke kiri. Jika posisi tidur dengan miring ke kanan sangat baik, justru posisi tidur dengan miring ke kiri adalah posisi tidur yang buruk karena jantung ada di posisi dada sebelah kiri. Jadi jika tidur dengan posisi miring ke kiri bisa membebani jantung dengan berat tubuh kita, sementara jantung harus terus memompa darah. Akibatnya jantung bisa kelelahan dan akibat dalam jangka panjang bisa fatal.

Jadi, posisi tidur yang baik adalah miring ke kanan dan yang buruk adalah miring ke kiri. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah Muhammad Saw, “Apabila kamu hendak tidur, maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan“.  

=====================================================================

Itulah beberapa posisi tidur yang baik yaitu tidur di alas yang empuk, tidur dengan posisi terlentang dan juga tidur dengan miring ke kanan. Sementara yang harus dihindari adalah tidur di alas yang keras dan tidur dengan posisi miring ke kiri. Selain itu, tidur dengan posisi tengkurap juga tidak baik bagi kesehatan. Karena tidur dengan posisi tengkurap bisa memberi tekanan pada sendi dan otot yang menyebabkan nyeri hingga kesemutan. Selain itu, tidur dengan posisi tenkurap juga menyulitkan pernafasan. 

Bahkan dalam Islam, posisi tidur tengkurap adalah posisi tidur yang dilarang. Seperti yang tercantum di sebuah hadits, "Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih).

Jadi, jangan sampai salah memilih posisi tidur. Karena salah memilih posisi tidur bisa berbahaya bagi kesehatan. 

Silakan bagikan informasi ini agar lebih banyak sobat caralogi lainnya yang mengetahui tentang hal ini.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.