recent

Titulo

Cara memilih pekerjaan yang cocok dan baik buat kamu


Sobat Caralogi, bagi sebagian besar orang, setelah lulus kuliah atau mungkin juga lulus sekolah, yang terpikirkan adalah harus segera mencari pekerjaan. Tapi banyak orang yang tidak tau harus bekerja di mana dan sebagai apa.

Yang perlu kita pikirkan sebenarnya bukan hanya uang atau gaji yang akan kita dapatkan ketika kita bekerja. Tapi kita harus berpikir jauh ke depan. Tentang apa profesi yang ingin kita tekuni. Tentang bidang apa yang ingin kita jalani.

Jadi jika sobat ingin bekerja tapi masih bingung mau bekerja sebagai apa, mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk memilih pekerjaan yang cocok dan baik buat kamu:


1. Sesuai dengan latar belakang dan keahlian


Dalam bekerja, tentu akan lebih baik jika kita menguasai bidang yang kita kerjakan nantinya. Karena itu memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita adalah salah satu opsi yang harus dipertimbangkan.

Misalnya kamu kuliah jurusan IT, maka carilah pekerjaan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Misalnya menjadi programer. Atau jika saat kamu kuliah kamu mengambil jurusan teknik sipil, maka carilah pekerjaan yang berkaitan dengan teknik sipil. Misalnya menjadi drafter, menjadi estimator, atau supervisor proyek.

Tapi tentu, dalam memilih pekerjaan tidak selalu harus sesuai dengan latar belakang pendidikan. Banyak juga orang yang sukses walau latar belakang pendidikannya berbeda dengan bidang yang ia tekuni. Tapi setidaknya, memilih pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan bisa menjadi opsi utama jika kamu masih bingung mau memilih pekerjaan apa.

Lalu bagaimana jika ada sobat yang tidak kuliah? Bidang pekerjaan apa yang harus dipilih?

Tentu setiap orang punya pengalaman dan keahlian tertentu. Misalnya jika sobat saat sekolah pernah berpengalaman menjadi MC suatu acara, maka bisa cari pekerjaan yang sesuai dengan pengalaman tersebut. Atau jika ada sobat yang walaupun tidak kuliah tapi pernah mengikuti kursus atau pelatihan di bidang tertentu, itu bisa dijadikan opsi untuk memilih bidang pekerjaan. 

Jika kamu adalah orang yang pendiam, baca pekerjaan yang cocok untuk kamu yang pendiam.


2. Yang memungkinkan kamu berkontribusi maksimal


Saat memilih pekerjaan, jangan memilih hanya karena ingin gaji yang tinggi, tapi dengan kontribusi yang minimum. Lebih baik bekerja di perusahaan kecil tapi kamu akan memiliki kontribusi yang besar dibandingkan kerja di perusahaan besar tapi memiliki kontribusi yang kecil. Jika diibaratkan lebih baik jadi dayung di perahu kecil daripada jadi baut di kapal pesiar.

Kenapa begitu? Karena jika kita bekerja di perusahaan besar dan hanya menjadi staf biasa yang tidak terlalu bisa berkontribusi banyak, maka peliang untuk meniti karir akan sangat sulit. Kemungkinan kamu akan stagnant di level itu. Tapi lain halnya jika kamu bekerja di perusahaan kecil tapi kamu memiliki kontribusi yang maksimal bagi perusahaan tersebut, tentu peluang naik jabatan dan karir akan lebih cepat melesat seiring dengan berkembangnya perusahaan.

3. Sesuai dengan passion


Ini adalah pertimbangan yang paling penting. Mengapa bekerja sesuai passion atau sesuai bidang yang kita sukai amat penting karena kita akan menghadapi pekerjaan itu setiap harinya selama berjam-jam. Tentu jika kita tidak mencintai apa yang kita kerjakan, kita tidak akan maksimal mengerjakan pekerjaan tersebut.

Banyak orang-orang yang sukses telah membuktikan bahwa bekerja dengan passion atau bidang yang ia cintai mampu mengantarkannya ke puncak kesuksesan. Tentu jika kita bekerja di bidang yang kita cintai, kita akan punya arah dan tujuan yang jelas, kita akan punya semangat yang tinggi. Tidak peduli walau pekerjaan itu menguras waktu kamu, atau menghasilkan hanya sedikit uang, tapi kamu tetap bisa fokus dan mengerjakannya dengan ikhlas.

Ketika kamu bisa mengerjakan pekerjaan itu dengan ikhlas, maka kamu akan maksimal mengerjakan pekerjaan itu. Dan jika kamu mengerjakan pekerjaan dengan maksimal maka cepat atau lambat kamu juga akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Lebih dari itu, bekerja sesuai hobi adalah cara mendapatkan uang dengan menyenangkan. Sungguh sangat mengasyikkan sekali bukan? Kamu bekerja tapi tidak merasa tertekan atau stress.
***

Itulah 3 cara memilih pekerjaan yang cocok dan baik buat kamu. Semoga bisa menjadi pertimbangan buat kamu yang mungkin sedang bingung mau bekerja di bidang apa.

Setelah kamu yakin memilih bidang pekerjaan tertentu, kamu harus membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik. Silakan baca cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik.

Silakan share artikel ini agar sobat caralogi lainnya yang mungkin juga sedang bingung memilih pekerjaan bisa menjadi pertimbangan setelah membaca artikel ini.

1 komentar

  1. titanium ore terraria atlantic city
    Visit titanium rainbow quartz Tinanon's stunning copper-based art gallery. The sculptural trekz titanium canvas nano titanium ionic straightening iron with gold and bronze accents make an ideal backdrop for microtouch titanium trim as seen on tv your next 2018 ford fusion energi titanium event or visit

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.