recent

Titulo

Cara memanfaatkan waktu agar tidak membuang waktu untuk hal yang tidak penting

memanfaatkan waktu
via pixabay
Sobat caralogi, kita semua punya waktu 24 jam dalam 1 hari. Ya, semua memiliki waktu yang sama dalam setiap harinya. Tapi mengapa ada orang yang bisa meraih kesuksesan, tapi ada juga orang yang hidupnya begitu-begitu saja atau bahkan semakin terpuruk?

Jawabannya tentu adalah bagaimana setiap orang tersebut memanfaatkan waktunya. Mereka yang meraih kesuksesan karena bisa memanfaatkan waktunya untuk berjuang meraihnya. Sementara banyak orang yang tidak bisa meraih kesuksesan dalam hidupnya, tidak mampu memanfaatkan waktunya dengan baik. Mereka banyak membuang-buang waktu untuk hal yang tidak penting, yang justru semakin menjauhkan mereka dari impian yang mereka inginkan.

Sobat caralogi, pasti sobat dan kita semua menyadari bahwa waktu terus bergulir. Setiap menit menjadi jam, jam menjadi hari, hari menjadi minggu, lalu bulan, dan tahun. Waktu yang bergulir tidak bisa kembali. Usia kita akan selalu bertambah dan sisa usia kita akan semakin berkurang. Itulah sebabnya mengapa ada orang yang bilang "time is money" karena waktu begitu berharga. Bahkan lebih berharga dari sekedar uang.

Seorang yang gagal dalam hidupnya karena merasa sering membuang waktu ingin kembali lagi untuk memperbaiki semuanya. Namun tentu saja tidak bisa, waktu tidak akan bisa kembali. Yang kita bisa lakukan adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin mulai dari hari ini hingga ke masa depan. Tapi memang, selalu saja ada godaan yang membuat kita tidak fokus dalam memanfaatkan waktu. Selalu saja ada dorongan untuk kita bersantai-santai atau melakukan hal yang tidak produktif.

Untuk itu, berikut adalah cara memanfaatkan waktu agar tidak membuang waktu untuk hal yang tidak penting:


1. Miliki tujuan yang kuat


Seseorang yang sering membuang-buang waktu biasanya tidak memiliki tujuan yang jelas. Mereka melewati hari-hari dengan rutinitas yang hampir selalu sama tanpa tujuan yang jelas. Mereka seringkali tidak tau harus ngapain hari ini dan esok hari. Akhirnya mereka membuang waktunya untuk hal yang tidak produktif, santai-santai atau bermain hanya untuk memuaskan dirinya sendiri.

Dalam hidup kita harus memiliki tujuan yang kuat. Mungkin setiap orang ingin hidup bahagia dunia dan akhirat. Tapi kebanyakan dari kita tidak memiliki tujuan yang kuat untuk memperoleh keduanya. Jadi mulai sekarang, buatlah tujuan yang kuat untuk meraih apa yang kita inginkan. 

Dengan memiliki tujuan yang kuat, kita tak mudah tergoda untuk membuang-buang waktu untuk hal yang tidak ada kaitannya dengan tujuan kita. Jika pun menggunakan waktu untuk istirahat sejenak tidak apa-apa, tapi selalu gunakan sebagian besar waktu yang berkaitan dengan tujuan kita.

Kita memang harus memiliki tujuan yang besar, tapi jangan lupa untuk membuat breakdown atau membuat tujuan-tujuan kecil yang nantinya terakumulasi menjadi tujuan besar. Misalnya salah satu tujuan besar kita, kita ingin menjadi pengusaha sukses. Buatlah tujuan-tujuan kecil yang menunjang tujuan tersebut seperti bisa menjual, memproduksi barang, mengelola SDM, dan lain sebagainya.


2. Buat target dan rencana


Setelah kita membuat tujuan, kita bisa membuat target dan rencana. Sama seperti membuat tujuan tadi yang bisa kita breakdown dari tujuan yang besar ke tujuan yang lebih kecil, saat membuat target dan rencana pun seperti itu. 

Tujuan-tujuan yang telah kita buat lalu kita buat targetnya kapan tercapainya, dan kita buat rencananya apa saja yang kita lakukan untuk mencapai target tersebut.


3. Hadiah dan hukuman


Agar kita selalu fokus untuk mencapai target, kita bisa berikan hukuman jika ternyata kita terlalu banyak membuang waktu.

Sebaliknya, kita juga bisa memberikan hadiah kepada diri kita jika kita berhasil memanfaatkan waktu yang membuat tujuan-tujuan kita tercapai. Misalnya dengan hadiah liburan atau membeli barang yang kamu inginkan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita bisa memanfaatkan waktu agar tidak membuang waktu untuk hal yang tidak penting. Jika ternyata kita sadari sedang membuang-buang waktu, segeralah kembali ke jalur tujuan dan rencana yang telah kita buat.
***

Intinya, manfaatkanlah waktu untuk hal yang produktif, untuk hal yang bermanfaat bagi dunia dan akhirat kita.

Silakan share agar lebih banyak lagi sobat caralogi lainnya yang memanfaatkan waktunya sebaik mungkin dan tidak membuang-buang waktu untuk hal yang tidak produktif, apalagi berbuat hal yang negatif.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.