recent

Titulo

Ini 10 Bahaya meminum minuman soda bagi kesehatan

minuman bersoda
minuman bersoda via FreeDigitalPhotos.net
Sobat caralogi, ketika haus, capek, cuaca panas, rasanya menyegarkan keitika ada minuman soda yang dingin. Hmmm ... tapi tunggu dulu. Tentu sobat harus tau dan lebih tau lagi kalau minuman soda sangat berbahaya bagi kesehatan.

Minuman soda memiliki kadar gula yang tinggi dan tidak terdapat nilai gizi di dalam minuman soda. Kadar gula yang terdapat di dalam satu kaleng minuman soda saja berdasarkan penelitian sama dengan minimal sepuluh sendok teh gula. Waww ... bisa dibayangkan kan sobat, betapa bahaya minuman ini.

Sudah banyak penelitian dan studi yang menunjukkan bahayanya minuman soda. Namun mungkin karena sudah kecanduan, banyak orang yang tetap rutin meminum minuman soda. Yang efeknya seringkali baru mereka rasakan setelah sekian lama meminum minuman soda tersebut.

Ini beberapa bahaya minuman soda bagi kesehatan:

> Diabetes

Seperti yang sudah dibahas di atas, kadar gula di dalam minuman soda sangat tinggi. Jadi, minuman soda tentu punya potensi untuk mengakibatkan penyakit diabetes atau kencing manis. 

Kadar gula yang tinggi dalam minuman soda bisa menaikkan kadar gula dalam tubuh secara drastis yang akibatnya bisa mengganggu kerja insulin dalam tubuh kita, maka bisa menyebabkan penyakit diabetes.


> Merusak tulang

Banyak meminum minuman soda juga menyebabkan tubuh kekurangan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, salah satunya kalsium yang dibutuhkan tulang. Ini terjadi karena di dalam minuman soda terdapat fosfor yang mampu membawa kandungan kalsium di dalam tubuh.

Akibat dari berkurangnya kalsium tentu bisa menyebabkan pengeroposan pada tulang atau osteoporosis.

> Merusak gigi dan gusi

Selain merusak tulang, akibat dari minuman soda yang mampu mengurangi kalsium dalam tubuh juga merusak gigi. Banyak orang-orang yang rutin mengonsumsi minuman bersoda giginya rusak, bahkan ada yang semuanya ompong. Padahal usia mereka masih terbilang muda.


> Menyebabkan kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Minuman bersoda juga mampu meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Tentu ini juga akibat kolesterol yang tinggi bisa berpotensi menyebabkan penyakit jantung.

Apalagi kadar gula fruktosa yang terdapat di minuman soda ternyata juga mampu membuat detak jantung menjadi tidak teratur. 

> Menyebabkan darah tinggi/hipertensi dan juga stroke

Minuman soda memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Hal ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan memicu penyakit stroke yang sangat berbahaya.


> Menyebabkan kegemukan atau obesitas

Asam fosfat yang terkandung di dalam minuman soda dapat mengganggu asam lambung yang bisa memperlambat proses pencernaan. Akibatnya orang yang sering minum minuman bersoda berpotensi mengalami kenaikan berat badan karena timbunan lemak di dalam tubuh. 

Selain itu, minuman soda juga mengandung kadar gula yang tinggi. Glukosa tersebut jika terlalu banyak dalam tubuh akan diubah menjadi lemak yang menimbulkan kegemukan atau obesitas.


> Menurunkan kecerdasan

Sukrosa dan pemanis buatan yang terdapat di minuman soda bisa membuat daya ingat menurun. Akibatnya kecerdasan orang yang meminumnya terlalu sering juga menjadi menurun. 

> Menyebabkan penyakit ginjal

Penyakit batu ginjal dan penyakit ginjal lainnya juga bisa disebabkan oleh minuman soda. Hal ini disebabkan karena kandungan asam fosfat yang terkandung di dalam minuman soda.


> Menyebabkan penyakit asma

Pengawet yang terdapat di minuman soda adalah sodium benzoate. Pengawet ini mengakibatkan meningkatnya natrium dalam makanan. Hal ini menyebabkan seseorang yang meminum minuman soda bisa menderita asma.


> Menyebabkan penuaan dini

Asam fosfat dalam minuman soda juga mempercepat siklus dalam tubuh yang menimbulkan efek-efek penuaan dini.

***

Itulah 10 bahaya meminum minuman soda bagi kesehatan. Mungkin selain yang disebutkan di atas masih ada lagi bahaya lainnya dari minuman soda. Jadi, mulailah untuk berhenti meminum minuman soda. Tapi jika kamu sudah terlanjur membeli minuman soda jangan dibuang dulu, karena ternyata minuman soda pun terdapat banyak manfaat yang tidak terduga. Silakan baca 7 manfaat mengejutkan dari minuman soda.

Silakan share ke media sosial agar sobat caralogi lainnya juga mengetahui betapa bahayanya minuman soda. Mari sama-sama mengingatkan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.