recent

Titulo

7 Cara memasak mie instan yang benar agar tidak berbahaya bagi kesehatan

mie instan

Mie instan adalah makanan yang mudah disajikan dan praktis. Pasti semua orang pernah atau bahkan sering makan mie instan karena kepraktisan penyajiannya di samping harganya yang sangat terjangkau, terutama bagi anak kos. Mungkin salah satu penderitaan anak kos adalah hanya bisa makan mie instan di saat uang kiriman belum juga tiba. Baca macam-macam penderitaan anak kos lainnya.

Mie instan sangat enak jika disantap di saat malam hari, terlebih di saat cuaca dingin atau sedang hujan. Kadang, jika tidak ada lauk pauk, mie instan juga sering dijadikan sebagai lauk pauk menemani nasi sebagai makanan pokok. Mie instan juga sering dijadikan salah satu makanan yang dikirimkan kepada korban bencana alam ketika bencana terjadi. Karena selain praktis dan juga murah, mie instan juga adalah makanan yang awet dan tahan lama.

Tapi selain ada kelebihannya tentu juga ada kekurangannya. Mungkin sobat caralogi juga menyadari bahwa sebenarnya mie instan tidak baik bagi kesehatan. Terlebih jika dikonsumsi terlalu sering apalagi setiap hari. Karena mie instan mengandung bahan pengawet, msg, dan bahan-bahan lainnya yang tidak begitu bagus untuk kesehatan.

Jika kamu masih suka memakan mie instan usahakan jangan terlalu sering. Dan yang terpenting, kamu harus memperhatikan cara memasak mie instan yang benar agar tidak berbahaya bagi kesehatan. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan seperti berikut ini:

1. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Walaupun mie instan adalah makanan yang awet yang biasanya bisa tahan sampai 6 bulan, tapi jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa sebelum memasaknya. Karena bisa saja ternyata tanggal kadaluarasanya sudah lewat, yang tentu itu tidak baik bagi kesehatan. Jadi sebaiknya, tanggal kadaluarsa diperhatikan sebelum membeli, 

2. Masak mie instan sesuai petunjuk

Di kemasan mie instan, biasanya ada petunjuk tentang cara memasaknya. Ikutilah petunjuk itu dengan benar. Perhatikan berapa lama mie instan matang, jangan angkat dan memakan mie instan yang belum matang atau setengah matang. Selain itu, perhatikan juga jumlah air yang disarankan agar mie instan matang secara sempurna.

Mie instan dirancang untuk dimakan dalam komdisi matang. Jangan makan mie instan mentah dengan cara diremas dan dicampur bumbu. Karena cara itu tidak baik bagi kesehatan. Kecuali memang mie yang merupakan makanan ringan yang dimakan dengan cara seperti itu.

3. Buang air rebusan pertama

Saat memasak mie instan, sebaiknya buang air rebusan pertama. Karena air rebusan pertama ini untuk membersihkan mie instan dari lapisan lilin yang menempel. Walaupun mungkin akan sedikit mengubah cita rasa mie, tapi lakukan cara ini demi kesehatan.

4. Jangan campurkan bumbu ke dalam air rebusan

Bumbu mie instan sangat tidak baik bagi tubuh jika dicampirkan dengan air bersuhu tinggi. Jadi, jangan campurkan bumbu mie instan pada air rebusan saat mie sedang dimasak. Lebih baik campur bumbu setelah mie selesai dimasak dan diangkat dari air rebusan.


5. Jangan memasak mie instan dengan memasukkan air panas ke kemasan

Kadang, ada pula orang yang memasak mie instan dengan cara yang sangat instan, yaitu hanya memasukkan air panas ke bungkus mie instan dan menutupnya rapat-rapat.

Lebih baik hindari cara ini karena mie instan tidak akan matang secara sempurna. Selain itu, kemasan mie instan yang terbuat dari plastik jika dicampur air panas pun mungkin bisa berbahaya jika tercampur dengan mie instan.

6. Kurangi atau ganti bumbu mie instan

Di dalam bumbu mie instan terdapat msg yang tidak baik bagi tubuh. Jika kamu ingin makan mie instan yang lebih sehat, kamu bisa kurangi bumbu mie instan atau ganti dengan bumbu yang dibuat sendiri.

Misalnya menggantinya dengan bawang putih yang dihaluskan, saus, kecap, merica, atau bumbu-bumbu lainnya. Tentu ini akan mengubah cita rasa mie instan. Tapi jika ingin lebih sehat, cara ini bisa dilakukan.

7. Campurkan dengan makanan bergizi

Jika kamu ingin menyeimbangkan atau ingin menambah nilai gizi pada mie instan yang kamu makan, kamu bisa tambahkan makanan yang bergizi ke mie instan yang akan kamu makan. Misalnya dengan menambahkan sayur sayuran seperti sawi, wortel, tomat, atau bisa juga menambahkan telur, daging, dan juga makanan lainnya yang memiliki nilai gizi yang dirasa cocok ditambahkan dengan mie instan.

Itulah 7 cara memasak mie instan yang benar agar tidak berbahaya bagi kesehatan. Silakan sebarkan info ini, semoga saja sobat caralogi lainnya yang suka makan mie instan pun menjadi mengetahui dan mempraktekkannya agar tidak berbahaya bagi kesehatan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.