recent

Titulo

Cara agar mulut tidak bau saat berpuasa


Ketika berpuasa, mungkin kamu merasa bau mulut ketika mengeluarkan nafas. Mungkin kamu merasa tidak nyaman atau tidak percaya diri dengan hal itu.

Bau mulut pada saat berpuasa disebabkan karena di dalam mulut terdapat bakteri yang bisa mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur. Itulah yang biasanya menyebabkan bau mulut. Pada saat tidak berpuasa, atau pada saat makan dan minum, mulut akan memproduksi saliva pada air liur yang dapat membasmi bakteri di dalam mulut. Sedangkan pada saat berpuasa, produksi saliva akan berkurang, sehingga mungkin masih ada bakteri yang tersisa di dalam mulut.

Tapi tak usah khawatir, bau mulut saat berpuasa bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini:


1. Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka


Air putih bisa meningkatkan produksi saliva atau air liur yang dapat membunuh bakteri di dalam mulut. Jadi, agar siang dan sore hari tidak terasa bau mulut saat berpuasa, usahakan pada sahur dan berbuka minumlah air putih yang cukup.

Jadi, saat sahur dan berbuka kamu bisa minumg antara 8-10 gelas air putih. Tapi tentunya tidak diminum dalam waktu yang bersamaan, beri jeda waktu misalnya saat magrib, saat malam hari, dan saat sahur.


2. Menggosok gigi


Bakteri yang ada di dalam mulut disebabkan karena ada sisa-sisa makanan yang mungkin masih menempel di gigi. Untuk itu, gosok gigilah dengan sempurna saat malam hari menjelang tidur dan juga saat setelah makan sahur, agar nantinya saat berpuasa gigi kamu sudah bersih dari sisa-sisa makanan yang menempel atau menyelip.

Jika masih ada sisa makanan yang menyelip dan sulit dijangkau oleh sikat gigi, kamu bisa gunakan tusuk gigi dan juga benang gigi.


3. Jangan makan makanan yang berbau


Saat sahur dan juga berpuka, hindari makan makanan yang menghasilkan bau seperti jengkol, petai, durian, dan makanan lainnya.


4. Jangan merokok


Saat berbuka atau sahur pun sebaiknya jangan merokok, karena merokok pun menimbulkan bau mulut.


5. Jangan mengonsumsi makanan yang lengket


Makanan yang lengket seperti cokelat, krim, dan lain sebagainya bisa menempel di gigi dan sulit untuk dibersihkan. Sehingga sisa bakteri yang menempel tersebut bisa menimbulkan bau mulut.

6. Gunakan obat kumur


Kumur-kumurlah dengan obat kumur agar mulut kamu tidak bau dan bakteri di dalam mulut juga bisa hilang. 

7. Berolah raga ringan


Saat berpuasa atau setelah berbuka puasa, kamu bisa lakukan olah raga ringan. Karena olah raga bisa melepaskan zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Termasuk zat beracun di mulut yang menyebabkan bau mulut.


8. Jangan tidur terlalu lama   


Tidur terlalu lama saat berpuasa juga bisa menyebabkan bau mulut. Mungkin kamu pernah ketika bangun tidur mulut kamu bau. Jadi, sebaiknya jangan tidur terlalu lama saat berpuasa karena ketika bangun tidur, mulut akan terasa bau.

Itulah beberapa cara agar tidak bau mulut saat menjalankan puasa. Silakan share info ini agar sobat caralogi lainnya yang sedang berpuasa pun mengetahui cara agar mulutnya tidak bau. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.