recent

Titulo

Cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja agar diterima bekerja

cara menjawab pertanyaan wawancara kerja

Jika sobat caralogi ingin bekerja, biasanya tentu harus melewati tahapan-tahapan yang dilalui sebelum diterima bekerja di sebuah perusahaan. Yang pertama, kamu harus kirimkan surat lamaran kerja. Baca cara membuat sura lamaran kerja yang baik dan menarik, karena biasanya HRD akan memilih surat lamaran kerja yang menarik untuk meneruskan ke proses selanjutnya.

Jika surat lamaran kerja sobat menarik dan dirasa HRD cocok untuk mengisi posisi lowongan pekerjaan tersebut, nantinya akan dipanggil untuk proses wawancara dengan HRD. Biasanya ada beberapa kandidat untuk nantinya disaring dan dipilih orang yang benar-benar tepat untuk mengisi posisi lowongan pekerjaan tersebut.

Pada proses wawancara, kesan HRD terhadap diri kamu sangat berarti apakah kamu dinilai cocok atau tidak untuk bergabung di perusahaan tersebut. Jadi, jika sobat caralogi akan menghadapi wawancara kerja, sobat harus tau bagaimana cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja yang baik dan menarik.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjawab pertanyaan saat wawancara kerja:

1. Datang tepat waktu dan rapi


Seperti di salah satu iklan yang menyebutkan, "kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda,", kamu pun harus bisa memberikan kesan pertama yang menarik bagi HRD di perusahaan tersebut.

Menarik di sini dalam artian datang tepat atau sebelum waktunya. Itu memberikan kesan kalau Anda tidak suka datang terlambat. Kalau saat wawancara saja sudah datang terlambat, HRD akan berpikiran kalau sudah diterima bekerja, kamu pun akan sering terlambat.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah berpakaian rapi. Karena kamu akan menjadi karyawan di sebuah perusahaan yang tentunya dituntut harus terbiasa memakai pakaian yang rapi mulai dari baju, celana, hingga sepatu. 

2. Duduk tegak


Sesudah bersalaman dan dipersilakan duduk, duduklah yang tegak. Tunjukkaan kalau kamu adalah orang yang berenergi namun tetap sopan. 

Jangan sampai ketika duduk, kamu malah menunduk, mengantuk, atau terlihat lemas. Jika seperti itu, HRD bisa menilai kalau kamu orang yang pemalas.


3. Rileks dan jangan gerogi


Setiap menjawab pertanyaan, jangan buru-buru menjawab. Kamu bisa coba tarik nafas panjang dan keluarkan jika kamu merasa gerogi. Jawablah dalam keadaan rileks dan tidak gerogi.

Usahakan serius tapi santai. Jangan terlalu tegang, bisa juga sesekali sedikit tersenyum ketika usai menjawab pertanyaan.

4. Percaya diri


Tunjukkan juga rasa percaya diri ketika kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan HRD. Tunjukkan kalau kamu menguasai bidang yang akan menjadi pekerjaanmu nantinya.

Jika menjawab dengan ragu-ragu, itu menunjukkan kalau kamu tidak begitu menguasai pekerjaan tersebut. 

5. Lebih banyak jawaban yang memberi


Beberapa poin di atas lebih kepada sikap, sementara di poin ini adalah hal yang paling penting. Setiap kali menjawab pertanyaan, usahakan jawaban itu adalah jawaban yang sifatnya memberi, bukan meminta.

Contohnya ketika kamu ditanya soal pengalaman pekerjaan, kamu bisa ceritakan pengalaman kerja selama bekerja di perusahaan lain. Lalu tutup dengan kalimat memberi seperti, "Dengan pengalaman itu, bisa saya terapkan di perusahaan ini secara maksimal untuk pekerjaan ini."

Usahakan menjawab dengan kontribusi apa yang akan kamu berikan untuk perusahaan. Jangan belum apa-apa sudah meminta gaji yang tinggi. Ingat, kandidatnya bukan cuma kamu loh.

Jika pun bernegosiasi gaji, selipkan juga kata-kata yang memberi. Misalnya: "Jadi kalau soal gaji saya mengajukan segini pak ...... Dengan pengalaman saya menangani proyek di seluruh Indonesia selam 5 tahun, saya akan memberikan kontribusi maksimal agar perusahaan ini bisa mendapat keuntungan yang maksimal dan lebih efektif."

Itulah beberapa cara yang baik untuk menjawab pertanyaan saat wawancara kerja agar Anda diterima bekerja. Kalau dari mulai surat lamaran kerja sudah menarik, lalu cara kamu menjawab pertanyaan saat wawancara juga menarik, ditambah hasil tes juga baik, kemungkinan besar kamu akan diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Silakan informasikan teman kamu, siapa tau ada sobat caralogi lainnya yang mau menghadapi wawancara kerja. Semoga saja wawancara kerjanya bisa lancar.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.