recent

Titulo

Cara agar saat berpuasa tidak terlalu terasa lapar dan haus


Ketika berpuasa, biasanya mungkin kamu merasa lapar dan haus setelah waktu siang dan sore hari. Dan biasanya kamu mungkin merasakan lapar dan haus di awal-awal bulan puasa, karena sebelumnya belum terbiasa berpuasa di hari-hari biasa.

Agar tidak terlalu terasa lapar dan haus saat berpuasa. Kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut ini: 

1. Makan sahur yang cukup


Ada kalanya ketika kamu lapar saat berpuasa mungkin kamu lupa makan sahur, atau mungkin saat waktunya sahur, kamu masih tidur. Untuk itu biasakan untuk bangun dan menyantap sahur yang cukup.

Makan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi dan lauk pauknya agar nanti bisa menjadi energi. Makanlah dengan porsi yang cukup, jika kurang bisa lapar saat siang atau sore hari, tapi jangan berlebihan juga.


2. Makan atau minum yang manis saat sahur


Saat sahur, kamu juga bisa makan atau minum yang manis. Misalnya kolak, kurma, atau teh manis. Makanan atau minuman yang manis bisa menghasilkan energi sehingga tidak terlalu lapar dan haus saat siang hari nantinya.

3. Lakukan aktivitas yang bermanfaat dan kamu sukai


Agar tidak lapar dan haus saat berpuasa bukan dengan berdiam diri dan bermalas-malasan. Apalagi hanya menunggu dan berharap jam segera berputar ke pukul 6 sore. Justru ketika kamu bermalas-malasan, rasa lapar dan haus itu akan terasa. 

Tapi lakukanlah aktivitas yang bermanfaat. Misalnya kamu yang biasa belajar di sekolah atau kampus, atau juga yang bekerja, apalagi yang bekerja sesuai dengan passionnya juga bisa melupakan rasa lapar dan haus. 

Saat berpuasa juga sebisa mungkin melakukan ibadah-ibadah lainnya seperti mengaji, dan lain sebagainya agar waktu yang kamu lalui tak sia-sia. Dengan begitu rasa lapar dan haus pun tidak terlalu terasa.


4. Boleh istirahat tapi jangan telalu banyak tidur


Jika kamu merasa ngantuk dan letih saat siang hari ketika kamu tidak ada aktivitas lainnya karena libur, kamu boleh istirahat atau tidur sejenak. Tapi jangan terlalu lama. Karena kalau kelamaan tidur ketika bangun tidur kamu akan merasa haus dan lapar.


5. Mandi


Mandi bisa membuat badan yang lemas menjadi segar kembali. Jadi jika kamu lemas, lapar, dan haus saat berpuasa, cobalah mandi pagi, siang, atau sore.

Itulah beberapa cara agar ketika berpuasa tidak terasa lapar atau haus. Agar kamu juga tidak terlalu merasa lemas.

Silakan bagikan car ini agar sobat caralogi lainnya yang sedang berpuasa pun tidak terlalu lemas, lapar, dan haus, tapi mengisi waktu berpuasanya dengan aktivitas bermanfaat.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.