recent

Titulo

Begini Cara diet OCD ala Deddy Corbuzier agar berhasil menurunkan berat badan


Mungkin di antara sobat Caralogi ada yang mengalami kelebihan berat badan. Selain mungkin kelebihan berat badan dianggap tidak menarik bagi banyak orang, kelebihan berat badan juga tidak baik bagi kesehatan. 

Tapi mungkin kamu yang mengalami kelebihan berat badan juga telah berupaya untuk menurunkan berat badan, namun hasilnya nihil. Lalu bagaimana dengan metode diet OCD yang sudah dipopulerkan oleh master Deddy Corbuzier? Kamu pernah mendengarnya, kan?

Metode Diet OCD (Obsessive Corbuzier's Diet) yang diperkenalkan oleh master Deddy Corbuzier ini memang menarik perhatian banyak orang. Bahkan peminatnya mulai berasal rakyat biasa hingga kalangan selebritis. Dan menurut pengakuan banyak orang, metode ini tidak menyiksa dan yang terpenting efektif untuk menurunkan berat badan. Pastinya sobat caralogi yang ingin menurunkan berat badan tertarik juga ingin mengetahui bagaimana cara menjalankan metode diet OCD.

Metode diet ini memang tergolong unik serta menerobos aturan pada metode-metode diet lainnya. Jika diet-diet yang kita tahu sebelumnya hanya mengurangi porsi makan serta membatasi jenis makanan saja. Maka diet OCD ini memperbolehkan kamu makan sesuka hati pada waktu yang ditentukan. Walaupun bebas makan, tapi Deddy menyarankan agar jangan rakus. Tetap makan apa yang biasa dimakan, jangan mengubah pola atau porsi saat bebas makan.

Diet OCD ini sendiri ialah metode Deddy Corbuzier yang terinspirasi dari seseorang sopir di Hongkong lima tahun lalu. Sopir tersebut membuat Deddy terkejut sebab di usianya yang mencapai 72 tahun ia masih mempunyai tubuh kekar layaknya seorang yang baru berusia 40 tahunan. Sopir yang merupakan seorang mantan biarawan shaolin itu pun memberitahukan rahasianya yang kini telah diadopsi oleh Deddy Corbuzier menjadi OCD.

Ada sebuah istilah yang diterapkan dalam mempraktekkan metode diet OCD ini. Istilah itu  dinamakan "jendela Makan".  Yaitu pengaturan waktu saat kamu boleh makan apa pun di saat waktu yang ditentukan, serta waktu sisanya tidak boleh makan namun masih boleh minum minuman yang tidak berkalori semacam air mineral, teh tawar, kopi getir, dan serta minuman yang tidak mengandung gula maupun kalori.

Pada penerapannya, jendela makan dilakukan di siang hari, misalnya mulai jam 11,12, 1, 2 dst karena di diet OCD ini tidak dianjurkan sarapan pagi yang diyakini dapat mengganggu proses pembakaran kalori tubuh.

Berikut Cara Diet OCD

berikut adalah ialah model cara diet OCD dan  penerapan ventilasi makan.

1. Bebas Makan 8 Jam dan tidak makan 16 Jam


Di metode ini kamu memiliki waktu bebas makan sepanjang 8 jam dalam sehari serta sisanya tidak makan, tetapi boleh minum yang tidak berkalori. Contohnya kamu memulai OCD jam 2 siang, maka kamu bebas makan hingga pukul 10 malam, serta sisanya merupakan puasa. 

Jendela makan yang satu ini cocok dilakukan oleh para pemula selama satu sampai dua minggu, hingga tubuh telah bisa menyesuaikan diri, baru ke level selanjutnya. 

2. Bebas Makan 6 Jam dan tidak makan 18 Jam


Untuk jendela makan kedua ini kamu mempunyai waktu bebas makan sepanjang 6 jam dan  sisanya tidak makan, mirip seperti metode satu. Contohnya kamu mulai OCD jam 2 siang maka waktu bebas makan kamu sampai jam 8 malam serta waktu sisanya tidak makan.

Jendela makan ke 2 ini sebaiknya dilakukan jika kamu telah terbiasa serta bisa melakukan jendela makan yang pertama.

3. Bebas Makan 4 Jam serta tidak makan 20 Jam


Di ventilasi makan ke-3 ini, kesempatan bebas makan kamu semakin terbatas. Seumpama kamu mulai "Sarapan" OCD jam 2, maka waktu bebas makan kamu hingga jam 6 sore. Sisanya ialah tidak makan, tapi boleh minum yang tak berkalori.

Jika dalam menjalankan ini masih terasa berat, bisa dikombinasikan dengan jendela makan ke-1 atau dua.


4. Tidak makan selama 24 Jam


Pada jendela makan ke-4 ini bukan berarti kamu tidak makan sama sekali. Melainkan waktu makan kamu hanya satu kali dalam sehari, serta bebas makan apa saja, sementara waktu sisanya adalah puasa atau tidak makan. 

Misalnya kamu memulai makan pada hari Sabtu jam 2 siang, maka kamu baru makan lagi di hari minggu jam 2 siang. Jendela makan yang satu ini dilakukan satu sampai dua kali  saja dalam seminggu, dan lakukan sesuai kemampuan tubuh. 

Bagi anda yg ingin menjalankan diet ini sebaiknya memperhatikan secara eksklusif pesan yang diucapkan oleh Deddy Corbuzier, yang mungkin sering dilupakan para pelaku OCD lainnya.

"semua teori diet tak ada yang salah atau benar, mereka menggunakan caranya sendiri dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Teori OCD ialah teori yang saya praktikkan, serta terapkan buat diri saya sendiri, sebelum saya sebarkan buat masyarakat serta sangat cocok untuk saya,"

"Tidak ada satupun teori diet yang menjamin secara pasti bagi penggunanya mendapatkan hasil yang terbaik, karena semua tergantung dari pemahaman kerja keras, dan apakah pelaku sungguh-sungguh atau tidak."

Ini contoh diet OCD yg dilakukan oleh Deddy:
  • Pada minggu pertama Deddy menjalankan jendela makan 1, yaitu 6 jam waktu makan serta sisanya puasa. 
  • Pada minggu kedua Deddy sudah memasuki jendela makan 4 jam ketika makan. 
  • Pada minggu ketiga sudah masuk jendela makan 24 jam puasa serta dilakukan seminggu sekali pada sela-sela menjalankan jendela makan 4 jam. 
  • Di minggu ke empat hingga seterusnya, Deddy Corbuzier menggunakan pola puasa 24 jam 2 kali seminggu, dengan 4 jam ketika makan, serta selebihnya puasa.
  • Keempat metode diet OCD bisa diterapkan secara fleksibel. Kadang kala Deddy menerapkannya hanya satu kali puasa 24 jam dalam seminggu. Sisanya metode 6 jam jendela makan, kadang 2 kali puasa menggunakan 4 jam atau 8 jam jeda makan dan sebagainya. 
  • Perlu diketahui juga bahwa dalam menjalankan metode diet OCD ini Deddy Corbuzier tak perlu melakukan olehraga di Gym secara keras, melakukan Cardio maupun Sit Up yang melelahkan. Dia hanya melakukan olahraga ringan sebelum buka puasa.


Itulah sedikit penjelasan tentang metode diet OCD dan penerapannya. Karena dalam penerapan diet ini menghindari yang namanya sarapan, padahal sarapan sangat disarankan waktu usia pertumbuhan. Maka metode diet ini sebaiknya hanya dilakukan orang dewasa.

Silakan sebarkan info ini, mungkin ada sobat caralogi lainnya yang membutuhkan info ini untuk menurunkan berat badannya. 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.