recent

Titulo

Tanda-tanda menjelang bulan puasa yang ternyata biasa kita lihat

tanda menjelang bulan puasa

Penentuan mulainya bulan puasa di Indonesia biasanya ditentukan pemerintah melalui sidang isbat. Namun kadang ada kalanya juga terjadi perbedaan antar masyarakat yang memulai bulan puasa. Karena adanya perbedaan tolak ukur, ada yang menggunakan perhitungan dan ada juga yang menjadikan faktor hilal yang sudah naik beberapa derajat sebagai pertimbangan.

Tapi menjelang bulan puasa, ternyata kita sudah bisa melihat tanda-tanda bulan puasa akan datang, entah kamu sadari atau tidak. Berikut adalah tanda-tandanya:


1. Munculnya iklan sirup


Menjelang bulan puasa, biasanya iklan sirup sudah mulai bermunculan di televisi. Iklannya biasanya menampilkan yang berbuka puasa dengan minum sirup tersebut.

Entah kenapa, iklan sirup begitu gencar di bulan puasa sedangkan di bulan-bulan biasanya tidak segencar itu. Berbeda dengan iklan minuman lainnya seperti teh, kopi atau susu, yang setiap saat iklannya gencar.

Mungkin karena sirup memang lakunya di bulan puasa, saat orang-orang kehausan dan berbuka puasa banyak yang memilih sirup. Berbuka puasa memang dianjurkan dengan yang manis-manis.

2. Munculnya iklan program acara religi


Di televisi, iklan program-program acara religi yang akan tayang di bulan puasa juga mulai bermunculan. Dari mulai kultum menjelang buka puasa, ceramah, sampai acara-acara yang sebenarnya bukan acara religi, tapi hanya menyambut bulan puasa. Contohnya acara lawak di saat sahur.

Semua televisi gencar membuat program religi dari mulai televisi berita, sampai televisi yang biasanya menampilkan sinetron dan televisi yang biasanya menampilkan goyangan dangdut.

Tapi dari semua tayangan televisi, biasanya yang menjadi tayangan favorit masyarakat dan ditunggu-tunggu saat bulan puasa adalah tayangan adzan magrib.

3. Munculnya lagu-lagu religi


Menjelang bulan puasa juga sudah mulai terdengar para musisi yang menyanyikan lagu-lagu religi. Dari mulai musisi yang memang spesialis lagu religi sampai musisi yang biasanya nyanyi lagu-lagu galau dan cinta-cintaan.


4. Terdengarnya suara petasan


Entah sejak tahun berapa, setiap menjelang bulan puasa sudah mulai terdengar suara petasan. Anak-anak bermain petasan menjelang dan saat bulan puasa. Para penjual petasan mulai muncul menjelang bulan puasa.

Tapi syukurlah mungkin belakangan ini sudah mulai berkurang. Karena seharusnya puasa tidak disamput dengan petasan seperti itu. Justru petasan malah membahayakan dan sudah banyak korban.

5. Harga-harga mulai naik


Menjelang bulan puasa, harga-harga kebutuhan pokok pun mulai naik. Biasanya saat bulan puasa permintaan akan kebutuhan barang-barang kebutuhan pokok memang meningkat. Padahal kalau dipikir-pikir, pada bulan puasa orang kan siang tidak makan, makan hanya malam dan sahur saja.

Tapi itulah yang mungkin dimanfaatkan para produsen untuk menaikkan harga karena permintaan meningkat.


6. Munculnya penjual kurma


Bulan puasa juga identik dengan buah kurma. Biasanya buah kurma juga disajikan saat berbuka puasa.

Menjelang bulan puasa, kurma juga sudah mulai dijual di toko-toko atau pun banyak juga penjual kurma yang sudah mulai berjualan di pinggir jalan.

Itulah beberapa tanda-tanda yang biasa kita lihat menjelang bulan puasa. Tapi tentunya lebih baik kita tunggu saja keputusannya tanggal berapa mulainya puasa. Yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapi datangnya bulan puasa.

Bulan puasa adalah bulan di mana pahala dilipatgandakan dan pintu ampunan dibuka. Maka dari itu menjelang bulan puasa kita harus berusaha memperbaiki diri untuk memohon ampun atas dosa-dosa yang kita lakukan dan berubah untuk tak melakukannya lagi. Serta kita juga harus meningkatkan amal ibadah kita.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.