recent

Titulo

Ini Posisi di depan komputer yang benar agar tidak bahaya bagi kesehatan

duduk, kerja

Mungkin kamu adalah seorang karyawan atau pekerja yang setiap hari bekerja di depan komputer selama berjam-jam. Atau mungkin juga kamu sering mengerjakan tugas kuliah atau mengerjakan hal lainnya di depan komputer selama berjam-jam.

Tapi terlalu lama duduk berada di depan komputer dan melihat layar monitor tidak baik bagi kesehatan. Apalagi posisi duduk tidak benar. Banyak yang merasa sakit pinggang, leher, dan juga mata karena terlalu lama bekerja di depan komputer.

Untuk itulah, kamu harus tau cara yang benar berada di depan komputer berikut ini:


1. Atur cahaya layar monitor


Atur cahaya layar monitor agar jangan terlalu menyilaukan mata, tapi juga jangan terlalu gelap. Atur senyaman mungkin agar tidak merusak mata kamu.

2. Tempatkan monitor sejajar mata


Sebisa mungkin, monitor yang ada di hadapan kita barada sejajar dengan mata kita. Karena jika berada di bawah, kita akan lebih banyak menunduk dan bisa mengakibatkan sakit leher.

Jika monitor berada di bawah juga bisa mengakibatkan sakit punggung karena terlalu lama menunduk.


3. Duduk tegak dan atur jarak dengan monitor


Duduk tegak sambil menyandar di kursi dan atur jarak mata kamu dengan monitor. Minimal jaraknya adalah 30 cm, jangan kurang dari itu karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata.

Jangan duduk membongkok karena itu tidak baik bagi kesehatan punggung.


4. Ambil jeda istirahat 


Jangan terlalu lama duduk di depan komputer secara terus menerus tanpa istirahat, apalagi pandangan terus mengarah ke monitor. Cobalah untuk berdiri sejenak untuk sekedar meregangkan otot-otot dan mengalihkan pandangan dari layar monitor sesaat.

Renggangkan otot-otot dengan mengangkat kedua tangan ke atas dan tarik ke belakang. Atau menggerakkan tangan ke kiri dan kaki ke kanan. Kamu juga bisa menggerakkan leher ke kanan dan kiri serta atas dan bawah.

Kamu bisa lakukan setiap satu atau dua jam sekali. Kamu bisa lakukan saat istirahat untuk ke toilet atau istirahat untuk makan dan shalat.

Itulah beberapa cara posisi di depan komputer yang benar agar tidak berbahaya bagi kesehatan. Kalau duduk di depan komputer saja sudah pegel-pegel gimana dengan duduk di pelaminan berjam-jam?

Silakan sebarkan info ini agar sobat caralogi lainnya juga mendapat manfaat agar tidak sakit punggung atau leher bagi yang sering duduk dan lama di depan komputer.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.