recent

Titulo

4 Cara agar bangun tidur tepat waktu, buat kamu yang sering kesiangan


Mungkin ada di antara kamu yang sering bangun kesiangan. Bangun kesiangan bisa membuat kamu telat datang ke sekolah, kampus, atau kantor. Selain itu tentu kalau kamu bangun kesiangan bisa meninggalkan sholat Subuh. Wah, jangan sampai terjadi, deh.

Ada yang bilang jika kamu bangun kesiangan, rejekinya akan dipatok ayam. Mungkin itu hanya peribahasa atau kata kiasan. Tapi di saat pagi hari, saat sebagian besar orang sudah bekerja untuk mencari rezeki, dan kamu masih tidur tentu peribahasa atau kata kiasan itu tepat.

Selain itu, jika matahari sudah terbit dan kamu masih tidur pun tidak baik bagi kesehatan. Kecuali jika kamu memang bekerja di malam hari, menjadi satpam misalnya. Jika begitu tidur dan bangun kesiangan menjadi wajar tentunya.

Tapi jika kamu bukan seperti satpam atau orang yang bekerjanya di malam hari, tentu kamu harus bisa bangun tidur tepat waktu. Maka dari itu, berikut cara agar bangun tidur tepat waktu dan tidak kesiangan:


1. Jangan tidur terlalu larut malam


Kalau kamu tidur terlalu larut malam, apalagi melewati tengah malam, itu bisa membuat kamu bangun kesiangan. Jadi sebaiknya tidurlah pada waktu yang tepat, jangan terlalu larut malam.

Jika kamu tidur melewati tengah malam karena kamu susah tidur, kamu perlu baca cara agar cepat tidur untuk mengatasi susah tidur.

Jadi, sebaiknya tidurlah pada pukul 9 atau 10 malam, yang penting jangan melewati tengah malam. Jika kamu besok pagi harus bekerja atau kuliah atau sekolah bisa-bisa kesiangan kalau tidur terlalu malam.

Kalau kamu masih pengangguran pun jangan juga tidur terlalu larut malam. Karena besok nganggurnya bisa kesiangan.

2. Pasang alarm


Pada saat tidur kita tidak tahu dan tidak sadar sudah jam berapa. Ada kalanya ketika kamu ingin membiasakan bangun tepat waktu, kamu harus pasang alarm. Agar ketika alarm berbunyi kamu tahu kalau itu waktunya kamu bangun tidur.

Pasang alarm sebaiknya pada volume yang pas. Jangan terlalu pelan karena itu bisa tidak terdengar, jangan juga terlalu keras karena itu bisa membuat kamu kaget. Letakkan juga pada jarak yang pas dari posisi kamu tidur.

Jangan letakkan alarm terlalu jauh karena mungkin jadi tidak terlalu terdengar. Tapi juga jangan letakkan alarm terlalu dekat. Pokoknya jangan bisa terjangkau oleh tanganmu ketika kamu tidur. Karena saat alarm itu berbunyi dan kamu masih mengantuk, kamu bisa mematikan alarm itu jika masih terjangkau.

3. Buat target jam bangun tidur


Ini salah satu yang paling harus diperhatikan. Karena biasanya walaupun tanpa alarm, seseorang bisa bangun tidur tepat waktu karena ia punya target bangun tidur.

Target yang dibuat harus spesifik. Jangan buat target hanya bangun pagi, karena otak di alam bawah sadar bisa menerjemahkannya jam 1 pagi, 2 pagi, atau jam 8 pagi, sampai jam 10 pagi. Tapi buatlah jam yang spesifik.

Misalnya kamu ingin bangun jam 4.30. Tataplah jam sebelum tidur dan yakinlah akan bangun pada jam segitu.

Kamu juga bisa buat alasan yang kuat mengapa kamu harus bangun jam segitu. Misalnya, kamu ingin bangun jam setengah lima karena kamu harus sholat shubuh tepat waktu. Atau bisa juga diiringin dengan alasan kuat lainnya. Misalnya pagi-pagi harus berangkat ke kantor agar tidak kesiangan, atau harus pergi ke luar kota, dan lain sebagainya sesuai tujuan kamu.


4. Paksakan bangun saat waktunya bangun tidur


Kadang kala walau sudah pasang alarm masih ada juga yang tetap bangun kesiangan. Sebenarnya alarm sudah terdengar, tapi karena masih mengantuk ia mematikan alarm dan melanjutkan tidurnya.

Jika kamu sudah sadar, mata sudah melek pada saat jam bangun tidur tiba. Paksakan untuk bangun dari tidur dan duduk sesaat sambil menghilangkan rasa kantuk secara perlahan. Kamu juga bisa duduk kemudian minum air putih. Baru setelah itu bangun dan menuju kamar mandi.

Itulah beberapa cara agar bangun tidur tepat waktu. Jika kamu baru membiasakan bangun tidur tepat waktu mungkin awalnya bisa terasa berat. Tetapi setelah terbiasa dan punya jadwal tidur dan bangun yang tetap, bahkan kamu nantinya sudah tidak perlu lagi memasang alarm.

Silakan informasikan ini pada teman kamu yang sering kesiangan. Siapa tau ke depannya ia bisa bangun tidur tepat waktu dan tidak kesiangan lagi.

2 komentar

Diberdayakan oleh Blogger.