recent

Titulo

Untuk Mengatasi Susah Tidur, Berikut 8 Cara agar Cepat Tidur

gambar via klikkabar.com
Setiap manusia pasti membutuhkan tidur. Manusia mungkin bisa bertahan berhari-hari tanpa makan, tapi tidak akan bisa bertahan berhari-hari tanpa tidur. 

Jika kurang tidur saja sangat tidak baik bagi kesehatan. Apa lagi jika tidak tidur berhari-hari, itu bisa menyebabkan kematian. Sudah ada contoh kasusnya, seseorang yang tidak tidur berhari-hari karena nonton piala dunia akhirnya harus menghembuskan nafas terakhir.

Jadi, penting untuk tidur sesuai dengan porsinya agar kesehatan kamu tetap terjaga.

Tapi mungkin ada di antara kamu yang mengalami susah tidur. Walaupun badan sudah dibolak-balik ke berbagai posisi tetap saja sulit tidur. Jangan biarkan hal itu terjadi terus-menerus.

Berikut adalah 8 cara agar cepat tidur untuk kamu yang selama ini sering susah tidur.

1. Buat nyaman kondisi sekitar


Bisa jadi kamu susah tidur karena kondisi di sekitar kamu tidak nyaman. Misalnya seprai kasur kamu yang kotor, atau kondisi udara yang bau. Atau bisa juga nyamuk-nyamuk yang mengganggu.

Jadi, sebelum tidur, pastikan kondisi di sekitar tempat tidurmu bisa membuatmu nyaman. Jaga kebersihan tempat tidur dan kamarmu. 

Jaga juga kualitas udara di kamarmu, saat siang hari seringlah membuka jendela, biarkan udara masuk ke kamarmu untuk menggantikan udara yang kotor. Tapi itu jangan dilakukan jika kondisi udara di luar yang justru lebih kotor. Atau jika kamar kamu tidak ada jendelanya. Jangan bobol dinding kamar kamu, karena bisa jadi itu juga dinding rumah tetangga :). Kamu bisa semprot atau pasang pengharum ruangan agar lebih nyaman.

Jika di kamar kamu banyak nyamuk saat kamu mau tidur, basmi terlebih dahulu nyamuknya beberapa jam sebelumnya. Dan hindari tempat-tempat yang memungkinkan nyamuk singgah di kamar kamu. Misalnya gantungan baju yang menumpuk atau tumpukan kardus, dan lain sebagainya.

2. Buat nyaman kondisi tubuh


Selain kondisi sekitar yang harus nyaman, kondisi tubuh kamu juga harus nyaman agar kamu lebih mudah tidur.

Jika tubuh kamu berkeringat tentu akan membuat kamu susah tidur. Sebaknya kamu mandi terlebih dahulu saat sore setelah beraktivitas. Hindari juga berolah raga atau beraktivitas di malam hari yang menyebabkan tubuhmu berkeringat.

Lepaskanlah perhiasan-perhiasan yang membuatmu tidak nyaman saat tidur, seperti kalung, gelang, atau cincin.

Saat tidur, pakailah pakaian yang nyaman untuk tidur. Tentunya lebih baik jika menggunakan pakaian khusus tidur. Jangan pakai baju pesta saat tidur, dong. Apa;agi pakai kostum superhero.

3. Lakukan aktivitas saat siang atau sore


Jika kamu melakukan akivitas pada siang atau sore hari tentu saat malam harinya kamu akan merasa lelah dan itu membuat kamu lebih mudah untuk tidur.

Akan tetapi jika kamu seorang pengangguran yang dari pagi sampai sore sudah tidur lama, tentu malamnya akan sulit tidur.

Jika memang hari itu adalah hari libur dan kamu tidak ada akrivitas biasanya seperti bekerja atau kuliah, kamu bisa lakukan akrivitas apa pun. Misalnya menjalani hobi kamu, atau rekreasi ke tempat liburan, atau juga sekedar jalan-jalan sore.

Yang terpenting, jangan hanya tidur saja dari pagi hingga sore. Karena jika tidak ada akrivitas biasanya siangnya akan tidur hingga sore. Justru itu membuat malamnya susah tidur.

4. Hindari meminum minuman berkafein


Minuman yang mengandung kafein juga bisa menyebabkan kamu susah tidur. Sebaiknya hindari minuman yang berkafein seperti kopi atau teh jika kamu ingin tidur dengan mudah dan nyenyak.

Sebaiknya, saat mau tidur memang juga jangan terlalu banyak minum. Karena jika sudah tidur kamu pun bisa terganggu karena ingin buang air kecil. Minumlah air putih secukupnya sesuai kebutuhan saat menjelang tidur.

5. Kurangi cahaya


Mungkin juga kamu susah tidur karena cahaya di kamar kamu begitu menyilaukan. Bagaimana bisa tidur kalau saat kamu memejamkan mata pun masih terasa ada cahaya yang menyilaukan.

Kamu bisa padamkan lampu kamar kamu agar lebih redup dan memudahkan kamu untuk beristirahat. Selain juga menghemat listrik tentunya.

Atau jika kamu tidak ingin tidur dalam kegelapgulitaan, kamu bisa padamkan lampu utama dan ganti dengan menyalakan lampu meja yang lebih redup. Yang pasti jangan ganti dengan menyalakan lampu disko. Itu akan bikin kamu tambah susah tidur. Apalagi kalau kamu menyalakan lampu sorot, atau bahkan lampu mercusuar, tentu akan makin susah tidur.

6. Jauhkan gadget dari tempat tidur


Gadget kamu mungkin juga akan membuat kamu susah tidur. Karena ada orang-orang yang saking tergantungnya dengan Handphone, setiap menit bahkan detik ia selalu mengecek handphone. Yang tanpa disadari itu bisa mengurangi waktu tidurnya.

Apa lagi jika kamu telepon-teleponan sama si dia. Terus kamu sama dia sama-sama enggak mau nutup telepon duluan. Akhirny sampai subuh masih teleponan. itu kan mengganggu kesehatan kamu.

Tapi buat yang jomblo jangan seneng dulu. Kamu juga perlu menjauhkan Handphone saat mau tidur. Jangan sampai ketika ada sms kamu berharap itu dari seseorang yang spesial, eh ternyata dari operator. Kan makin ngenes dan bikin susah tidur.

Mungkin kamu juga punya kebiasaan mendengarkan musik saat mau tidur. Mungkin itu juga yang bikin kamu susah tidur. Apalagi lagu yang kamu dengerin ternyata lagu metal. Yah makin susah tidur, dong.

Sebaiknya hindari juga mendengarkan musik saat kamu mau tidur. 


7. Pastikan kamu tidak lapar dan tidak terlalu kenyang


Kalau kamu terlalu lapar, dan perut kamu melilit, keroncongan, atau dangdutan, mungkin kamu juga susah tidur. Jadi sebaiknya makan dulu sebelumnya.

Tapi jangan juga terlalu kenyang, karena itu juga bisa bikin susah tidur. Apalagi saking kenyangnya kamu harus ke toilet. Itu mengganggu jam tidur kamu, kan. Masa mau tidur di toilet.

8. Hindari memikirkan suatu hal saat mau tidur


Nah ini yang sebenarnya paling banyak dialami orang-orang yang susah tidur. Bagaimana mau tidur kalau kamu masih mikirin masalah. Entah itu masalah hutang yang belum lunas, atau mikirin kenapa kamu masih sendiri aja. Atau juga mikirin yang lain.

Termasuk kalau kamu memikirkan hal-hal yang indah-indah sekalipun bisa bikin susah tidur.

Jadi sebaiknya, hindari memikirkan hal-hal yang membuat kamu bikin susah tidur. Atur pikiran kamu se-rileks mungkin. Jika sedang ada masalah, kamu harus tau bagaimana caranya menyikapi masalah agar tetap bahagia setiap hari.

Itulah 8 cara agar kamu bisa cepat tidur jika kamu sering susah tidur. 

Selain cara di atas, jangan lupa juga untuk berdoa sebelum tidur. Kalau muslim sebaiknya wudhu terlebih dahulu.

Silakan sebarkan info ini. Siapa tau di antara temanmu ada yang mengalami masalah susah tidur. Semoga bisa teratasi.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.