recent

Titulo

Jika melakukan kesalahan, jangan terlalu lama menyesalinya, tapi lakukanlah hal berikut

menyesal

Sebagai manusia, kita pasti pernah melakukan kesalahan. Baik kesalahan yang kita sadari, maupun kesalahan yang tidak kita sadari. Baik kesalahan yang kita sengaja perbuat karena dorongan yang tak mampu dibendung, maupun kesalahan yang tak sengaja diperbuat. Baik kesalahan yang kecil hingga kesalahan yang besar.

Tapi tahukah kamu kawan, jika kita melakukan kesalahan, jangan terlalu lama menyesali kesalahan tersebut.

Mungkin kamu bertanya, "Loh, bukannya jika kita melakukan kesalahan, kesalahan tersebut harus kita sesali dan tak akan diulangi selamanya?"

Betul, tapi kita jangan terus menerus larut dalam penyesalan. Dan tahukah kamu kawan, banyak orang yang telah melakukan kesalahan, dan ia terlaru larut dalam penyesalan, akhirnya saking menyesalnya akan kesalahan tersebut, serta diliputi rasa bersalah yang begitu besar, akhirnya mereka bunuh diri. 

Jika sudah begitu, kesalahan yang mereka lakukan justru menimbulkan kesalahan yang jauh lebih besar. 

Dan jika tidak sampai seperti itu pun, penyesalan yang terus menerus hanya akan membuang waktu dan masa depanmu. Hanya akan membuat pikiranmu semakin stress. 

Kesalahan yang terus menerus disesali tidak bisa membuat waktu terulang kembali. Tidak akan membuat kondisi menjadi lebih baik.

Jadi jika kamu melakukan kesalahan, lakukanlah cara berikut ini:

1. Memohon Ampunan


Jika kesalahan itu berupa dosa yang kamu perbuat, memohon ampunlah pada Yang Maha Kuasa atas kesalahanmu itu. Dan berkomitmen untuk tak akan mengulanginya lagi.

Percayalah bahwa Tuhan Maha Pengampun. Sebesar apa pun dosamu, jika kamu menyesalinya dan memohon ampun pada-Nya, dosa kamu akan dihapuskan. Jadi, janganlah berputus asa atas kesalahan yang sudah kamu perbuat.

Di tahap ini, bolehlah meneteskan air mata dan menyesali perbuatanmu itu dan berkomitmen sekuat tenaga untuk tidak pernah mengulanginya lagi.

2. Meminta maaf


Jika kesalahan itu berkaitan dengan orang lain, misalnya menyakiti orang lain, maka meminta maaflah. Meminta maaf adalah pernyataan pada yang bersangkutan bahwa kamu menyesal, tak akan mengulangi lagi, dan kesalahan itu hanya kekhilafan semata.

Banyak orang yang berbuat kesalahan, tapi sedikit orang yang mengakui kesalahan dan berani meminta maaf. Jika kamu meminta maaf dan mengakui kesalahanmu pada orang yang baik dan rendah hati. Insha Allah ia akan memaafkanmu dan tak akan mempermasalahkan lagi kesalahanmu itu.

Tak usah kamu pikirkan ia akan memaafkanmu atau tidak. Jika kamu meminta maaf dengan tulus, namun dia belum mau memaafkanmu, itu adalah haknya. Yang terpenting bagimu adalah teruslah berusaha untuk meminta maaf dan menebus kesalahanmu. 

3. Lakukanlah amal baik sebanyak mungkin

gambar via makassar.tribunnews.com
Setelah menyesali perbuatan kesalahan itu, berhentilah untuk terus menyesalinya. Karena menyesali kesalahan terus menerus tidak ada gunanya. Tutuplah kesalahanmu itu dengan memperbanyak melakukan amal baik. 

Semoga saja dosamu itu bisa tertutupi dengan amal-amal yang kamu kerjakan. Jika kamu merasa dosamu sebesar bukit, maka lakukanlah amal sebesar gunung, atau sebanyak mungkin yang bisa kamu kerjakan.

Setiap orang mungkin pernah melakukan kesalahan. Tapi setiap orang selalu punya pilihan untuk berubah.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.