recent

Titulo

Ikuti cara memantaskan diri berikut, agar kamu mendapatkan yang terbaik


Dalam hidup ini setiap orang pasti mengharapkan mendapatkan yang terbaik. Namun banyak yang merasa tak mendapatkan yang terbaik, baik itu tentang karir, jodoh, atau tentang kehidupan lainnya.

Ada kalanya, mungkin kamu pernah mengalami ditinggalkan oleh seseorang yang pernah lama menghuni ruang hatimu karena dia lebih memilih yang lain. Tak usah kamu sesali. Baca Bagaimana caranya melupakan dia. Dan pantaskanlah dirimu untuk menjadi lebih baik.

Ketika kamu sudah pantas untuk mendapatkan yang terbaik, maka yang terbaik itu akan datang. Percayalah. Mungkin sih. Tapi yang terpenting adalah lakukanlah cara-cara untuk memantaskan diri berikut ini:

1. Buat daftar kekurangan dan apa yang ingin diperbaiki


Jika ingin memantaskan diri untuk menjadi yang terbaik kamu harus tau dulu apa yang perlu diperbaiki dalam diri kamu. Kalau kamu tidak tau tentu kamu juga tidak tau apa yang harus diperbaiki dan tidak tau apa yang harus kamu rencanakan dan kamu lakukan untuk memantaskan diri.

Jadi kamu bisa buat daftar kekurangan diri yang ingin kamu perbaiki. Misalnya dari segi sifat yang selama ini mudah galau, atau mudah emosi, atau sifat malas, dan lain sebagainya.

Kamu bisa tuliskan apa yang kamu rasakan tentang diri kamu yang ingin diperbaiki. Atau kamu juga bisa menuliskan tentang apa yang selama ini orang lain rasakan tentang dirimu, tentang kekuranganmu.


2. Buat rencana dan strategi untuk memperbaiki diri


Setelah kamu mengatahui apa saja kekuranganmu, kamu harus buat rencana dan strategi tentang bagaimana cara untuk memperbaiki setiap kekurangan yang sudah kamu tuliskan.

Misalnya di salah satu point yang paling penting adalah kamu merasa kurang dewasa. Dan rencana serta stragetinya agar kamu menjadi seorang yang lebih dewasa adalah kamu harus mengubah gaya bicara kamu, atur apa yang perlu diucapkan dan apa yang tidak perlu diucapkan yang biasanya memperlihatkan kekurangdewasaan kamu. 

Selain itu kamu harus mengubah kebiasaan kamu, apa yang kamu lakukan yang selama ini mencerminkan ketidakdewasaan kamu kamu kurangi. Kamu juga bisa ubah cara bergaul kamu. Bukan berarti harus memilih-milih teman, tapi lebih banyak bergabung dengan orang-orang yang bisa mengbuah diri kamu ke arah yang lebih baik. Misalnya majelis pengajian atau bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan hobi dan cita-cita kamu, dan lain sebagainya.

3. Buat target


Kamu juga perlu membuat target apa yang ingin kamu capai dan dalam waktu berapa lama.

Kalau perlu buat target jangka pendek dan jangka panjangnya. Sehingga setiap hal yang kamu lakukan untuk memantaskan diri kamu bisa dimonitor.

Jika ternyata cara yang kamu lakukan untuk memantaskan diri kurang begitu efektif atau molor dari target, kamu bisa lakukan cara yang lain agar target kamu bisa tercapai.

Kamu bisa juga memberikan hadiah jika kamu bisa mencapai target dan juga hukuman jika kamu gagal mencapai target untuk menghilangkan kekurangan-kekurangan yang sudah kamu tuliskan di daftar.


4. Buat impian


Jika kamu sudah bisa mengubah kepribadian buruk menjadi jauh lebih baik. Saatnya kamu membuat impian. 

Rencanakan dari sekarang ingin menjadi apa ke depannya. Ingin mencapai apa ke depannya. Coba pikirkan apa yang kamu sukai dan misi apa yang ingin kamu jalani.

Untuk membuat impian, kamu harus membuatnya dengan jelas dan terarah agar kamu tau harus melewati jalan mana untuk meraih impian itu. Selain itu kamu juga harus tau apakah impian itu mungkin untuk dicapai atau tidak.

Selain spesifik dan realistis, impian yang kamu buat harus terukur. Artinya kamu bisa mengukur kapan impian itu bisa dicapai dan kapan masing-masing progres impian itu tercapai.


5. Kejar dan capai impian itu


Setelah kamu membuat impian, kejarlah impian itu dengan sekuat tenaga sampai impian itu tercapai. Jangan pernah menyerah.

Dengan kepribadian kamu yang positif tentu akan lebih mudah mencapai impian itu. Walaupun tetap memerlukan perjuangan.

Setelah kamu menjadi diri yang jauh lebih baik, apalagi jika impian kamu sudah tercapai, maka kamu pantas untuk mendapatkan seseorang yang terbaik untuk menemani hidupmu.

Silakan bagikan artikel ini, agar lebih banyak lagi orang yang menjadi lebih pantas dan mendapatkan yang terbaik.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.