recent

Titulo

Ini alasan mengapa banyak perantau yang sukses dan cara mereka meraihnya

perantau

Kawan, kalau kamu membaca kisah-kisah orang sukses, atau kalau kamu temukan orang-orang sukses di kota kamu, banyak di antara mereka adalah seorang perantau.

Mereka merantau dari kampung halaman atau dari kota asalnya dan bisa meraih sukses di kota tempat tinggalnya saat ini.

Banyak di antara mereka yang sukses menjadi pengusaha, atau memegang jabatan penting di sebuah perusahaan besar. Banyak juga artis-artis yang sukses ternyata meraka kebanyakan perantau. Begitu pula dengan profesi-profesi sukses lainnya.

Sebagai contoh mungkin kita sering melihat orang Padang yang sukses membangun restaurant di kota tempat tinggal kamu, padahal itu jauh dari Padang di Sumatra Barat. Atau kamu juga pasti sering melihat orang China yang sukses di setiap daerah. Mereka adalah perantau-perantau yang meraih kesuksesannya.

Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa banyak perantau yang sukses? Mungkin berikut jawabnnya:


1. Keluar dari zona nyaman

keluar dari zona nyaman

Salah satu ciri orang sukses adalah berani keluar dari zona nyaman. Jika kita terbiasa berada di zona nyaman maka hidup kita tidak akan berubah. Ibarat ulat jika ingin menjadi kupu-kupu harus melewati fase yang namanya kepompong. Di dalam kepompong itulah si ulat merasakan ketidaknyamanan hingga akhirnya bisa keluar dan berubah menjadi kupu-kupu.

Perantau memutuskan pergi dari desa atau kota tempat asalnya untuk mengubah nasib, untuk mencari peruntungan baru. Padahal jika mereka memilih zona nyaman, mereka bisa santai-santai di tempat asal mereka. Di sana mereka sudah terbiasa.

Tapi perantau memilih untuk mengambil risiko. Ia memilih untuk mengejar kehidupan yang lebih baik walaupun mereka tidak tahu hasilnya akan seperti apa. Bahkan ia datang sebagai orang asing yang tidak mengerti tentang daerah tempat tinggalnya yang baru.

Bukan tidak mungkin di tempat yang baru tanpa orang yang dikenal justru bisa berbahaya. Bisa saja ia tertipu, atau justru menjadi korban tindak kejahatan. Tapi mereka tetap berani untuk merantau. Dan keberanian itulah yang menjadi awal perjalanan sukses mereka.

2. Mandiri

hidup mandiri

Bukan maksud kami menyebutkan nama sebuah Bank. Tapi perantau memang telah terbiasa hidup mandiri.

Jika di tempat asalnya mereka memiliki keluarga, tetangga, dan juga teman yang mereka kenal. Yang kapan pun bisa meminta bantuan atau dibantu. Tapi setelah merantau, perantau harus berusaha hidup mandiri. Mengerjakan semuanya sendiri tanpa bantuan orang lain. 

Justru itu yang membuatnya terbiasa menyelesaikan masalah dan sepenuhnya bertanggung jawab atas hidup dan masa depannya. Jika ia tetap tinggal di tempat tinggal lamanya mungkin ia terbiasa dibantu orang lain untuk menyelesaikan masalahnya.

Kemandirian itulah yang membuatnya terlatih untuk mengambil setiap keputusan dalam hidupnya. Itulah salah satu faktor yang membuatnya bisa sukses. Karena seorang yang sukses harus bisa dan berani mengambil keputusan yang tepat, walaupun itu berisiko.

3. Bisa menyesuaikan diri

menyesuaikan diri

Sukses tidak diraih dengan mudah. Semua kondisi bisa berubah dalam hidup ini termasuk situasi ekonomi dan bisnis.

Perantau sudah biasa menyesuaikan diri sejak pertama kali menginjakkan kaki di tempat tinggal baru. Tentunya di tempat tinggal yang baru mungkin bahasa daerahnya berbeda, kultur atau budayanya berbeda, kondisi wilayah dan kondisi sosialnya berbeda. 

Di situ mereka menjadi terbiasa untuk menyesuaikan diri. Sehingga ketika ia mengalami kesulitan karena sesuatu perubahan kondisi yang terjadi, mereka sudah terbiasa.

4. Mampu membangun networking

networking

Awalnya, ketika pertama kali si perantau menginjakkan kaki di tempat barunya, ia harus terbiasa hidup mandiri dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Jika ada masalah pun ia harus bisa menyelesaikannya sendiri.

Tapi tentu ia takkan bisa mengerjakan semuanya sendiri seterusnya. Maka ia harus berusaha membangun networking untuk meraih kesuksesannya.

Perantau mau tidak mau harus membangun networking karena di tempat tinggal barunya ia tidak kenal banyak orang seperti di tempat asalnya yang dekat dengan keluarga, tetangga, dan teman-temannya.

Seseorang yang sukses tentulah tidak hanya atas usahanya sendiri. Tapi juga karena kontribusi dari tim dan berbagai kerjasama lainnya dengan pihak lain. Di sini tentu networking menjadi sangat penting. Dan si perantau telah terbiasa membangun networking sejak saat ia mulai tinggal di tempat perantauannya.


5. Tekad yang kuat


Seorang perantau telah berani mengambil risiko untuk meninggalkan tempat asalnya demi meraih sukses. Ia juga sudah mengorbankan segalanya, meninggalkan orang-orang terdekat, kampung halaman, dan juga telah mengeluarkan uang untuk pergi ke tempat yang baru

Di tempat yang baru, ia berharap bisa mengubah nasibnya. Maka seorang perantau akan punya tekad yang kuat karena ia telah mengorbankan banyak hal.

Jika ia kembali tanpa hasil, tentu semuanya akan sia-sia. Dan ia bisa mendapatkan malu jika pulang tidak mendapatkan hasil apa-apa. Maka dari itu ia akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan impiannya di tempat perantauannya.

Itulah 5 alasan mengapa banyak perantau yang sukses dan cara mereka hingga bisa meraih kesuksesan di tempat perantauan.

Jika saat ini kamu sedang merantau, atau sedang belajar merantau dan merasakan sebagai anak kos, baca macam-macam penderitaan anak kos dan cara mengatasinya.

Silakan sebarkan info ini, semoga menjadi semangat bagi para perantau dan juga bagi semua orang.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.