recent

Titulo

Begini Macam-macam penderitaan anak kos dan cara mengatasinya. Pernah Mengalami?

gambar derita anak kos via astagfireducation.wordpress.com
Kamu yang pernah kuliah di luar kota tempat tinggalmu pasti pernah merasakan yang namanya ngekos. kalau enggak pernah, berarti kamu nebeng di rumah orang.

Ketika merantau dan ngekos kamu harus mengalami kehidupan yang baru, yang berbeda 180 derajat dibandingkan sebelumnya. 

Bagi yang pernah ngekos, mungkin kamu akan tertawa geli jika ingat macam-macam penderitaan anak kos yang mungkin pernah kamu alami. Tapi anak kos selalu punya cara untuk mengatasi penderitaan tersebut.

Berikut beberapa penderitaan anak kos yang mungkin pernah kamu alami:

1. Kesepian


Hari pertama ngekos, mungkin kamu akan ngerasa kesepian. Yang biasanya di rumah bisa bercanda bareng sama kakak ade, bapak ibu, paman bibi, kakek nenek, pak RT dan bu RT, Pak Camat dan Bu Camat, ehh.... nggak sampai segitunya juga ya. Tapi ketika ngekos kamu harus tinggal sendiri di kamar.

Mungkin di hari pertama ngekos itu, kamu akan menghabiskan waktu dengan main game, dengerin musik, nonton film, main gitar, atau cuma ngelamun di sudut kamar sambil menyenderkan kepala di tembok.

Tapi jangan begitu juga. Cara untuk mengatasi atau menghindarinya adalah kamu harus cepat kenal dengan para penghuni kos. Di situ kamu akan menemukan teman-teman baru yang seru-seru.

2. Ibu kos yang galak


Kalau di hari pertama mungkin kamu mengalami kesepian, maka di hari-hari berikutnya mungkin ada kalanya kamu merasa di kosan terlalu rame. Ya, rame sama suara ibu kos yang galak.

Ada saja alasan ibu kos untuk marah entah itu kamunya jorok ngurus kosannya, atau mungkin telat bayar kos. Tapi banyak juga sih, ibu kos yang baik banget. Kalau kamu sering dimarahin ibu kos mungkin itu artinya kamu kurang ganteng.

Cara mengatasi ibu kos yang galak adalah kamunya harus rajin-rajin bersihin dan beresin kosan. Ikuti aturan yang ditetapkan ibu kos, bayar kosan tepat waktu. Sekali-kali bikin seneng ibu kos, ngasih makanan apa ke... ngasih hadiah apa gitu .... atau ajak jalan-jalan ... ajak nonton ... atau ajak nikah. Loh ... kalo itu nanti bapak kos yang ngamuk.

3. Kekurangan makanan

gambar kelaperan via kuliahtoni.blogspot.com

Mungkin banyak diantara yang pernah ngekos pernah kekurangan makanan. Setiap hari hanya makan mie instant. Atau kadang ke warung nasi cuma beli nasi sama kuahnya, atau sama bubuk gorengan. Aduh ... betapa mirisnya.

Kadang pula ada kalanya ketika kamu nyimpen makanan raib entah kemana. Itu artinya penghuni kos yang lain juga kelaparan.

Kalau masalah ini sih kamu kekurangan duit kiriman. Cara mengatasinya jangan minta ditambah duit kirimannya, tapi coba cari penghasilan tambahan. Kerja sampingan apa ke ... freelance gitu, atau bisnis apa ke ... jual kaos ... jual buku ... jual kue ... jual rumah kos ... eh ... kalo itu ibu kos sama bapak kos nanti yang ngamuk.

4. Kisah sendal yang tertukar

gambar sandal digembok via solopos.com

Sebagai anak kos, bisanya kalo ke kamar mandi atau ke mana-mana di sekitar kos pakai sendal jepit. Dan ada kalanya kamu mengalami kisah sendal yang tertukar. Sendal kamu yan masih bagus sekonyong-konyong berubah menjadi sendal butut yang udah belel dan mau putus.

Atau kadang pula sendal kamu tiba-tiba raib entah ke mana. Beli lagi ternyata raib lagi dan begitu seterusnya.

Cara mengatasinya biasanya di sendal diukir pake silet inisial atau nama yang punya sendal. Kamu bisa ikuti cara itu. Kalo masih hilang juga pake kunci ganda, dan kunci stang, digembok plus kasih ancaman buat yang mau nyolong..

Selengkapnya baca cara-cara agar sandal jepit tidak tertukar


5. Sabun, odol, dan sampo cepat habis.

gambar ngirit alat mandi via brilio.net

Kadang-kadang, untuk mandi kamu mungkin menyediakan sabun, odol, dan sampo di kamar mandi. Tapi entah kenapa cepat sekali habisnya. Padahal penghuni kos enggak begitu banyak.

Itu artinya mungkin teman kamu rajin keramas, atau mungkin juga sabun dipakai bukan untuk yang semestinya, hmmm untuk apa ya? ..... Untuk nyuci motor, misalnya.

Biasanya sabun batangan yang sudah menipis ditempel di sabun batangan yang baru supaya enggak kebuang. Atau botol shampo atau botol sabun cair yang udah mau habis diisi air sampai penuh. Kamu pernah mengalami itu?

Cara mengatasinya gimana supaya enggak cepat habis. Caranya ya pakai sabun, sampo, dan odol sesuai fungsinya. Jangan pakai untuk yang aneh-aneh. Ingatkan juga teman sekosan kamu. 

Kalau perlu supaya enggak cepat habis kamu mandinya seminggu sekali aja. Wahh .... kalo itu sih nanti ibu kos enggak mau ngedeketin kamu hehehe ... Idih, siapa juga yang mau dideketin ibu kos.


6. Kalau sakit nggak ada yang ngurus

gambar anak kos sakit via infospesial.net

Kalau tinggal di rumah, kalau kamu sakit tentu orang tua akan ngurusin kamu. Nah, kalo kamu ngekos siapa yang ngurusin kamu, yang beliin obat, yang nyuapin waktu kamu nggak nafsu makan karena sakit? Siapa coba?

Ibu Kos? Ibu kos mana mau ngurusin kamu, kadang bapak kos aja jarang diurusin.

Cara mengatasinya adalah jaga kesehatan. Jaga pola makan (nah, ini sih balik ke masalah nomer 3), dan istirahat yang cukup. Dan jangan banyak pikiran, apalagi mikirin ibu kos. Eh..(^_#)


7. Ngantri di pintu kamar mandi


Pagi-pagi di waktu kamu buru-buru mandi dan harus segera berangkat ke kampus, ternyata kamu harus ngantri karena ada orang yang mandi di kamar mandi.

Setelah kamu lihat-lihat ternyata semua teman-teman kamu juga ngantri. Terus kira-kira siapa yang mandi lama banget? 

Nggak lama kemudian ibu kos keluar pakai handuk. Antrian pun tiba-tiba rubuh kaya kartu domino.

Nah, mungkin kamu pernah juga mengalami ngantri di depan pintu kamar mandi. Padahal harus buru-buru berangkat ke kampus.

Kalo itu sih cara mengatasinya adalah jangan mandi. Ehh ntar bau dong ya di kampus. Kalo begitu kamu mandinya di kampus aja, datang lebih pagi. Atau lain kali mandinya lebih pagi supaya nggak harus nunggu antrian.

Itulah beberapa macam penderitaan anak kos yang mungkin pernah kamu alami dan bagaimana cara mengatasinya.

Saat ini, di Indonesia masih banyak anak kos dan masih banyak juga calon-calon anak kos. Silakan informasikan pada mereka tentang ini, supaya mereka bisa mengatasinya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.