recent

Titulo

4 Cara menghilangkan kejenuhan karena rutinitas, buat kamu yang sedang bosan


Setiap orang punya rutinitasnya masing-masing. Seorang pelajar setiap hari harus berangkat ke sekolah, belajar dan pulang sekolah. Seorang pekerja setiap hari harus berangkat ke kantor, bekerja hingga sore, dan pulang.

Apa pun yang dijalani oleh masing-masing orang, seringkali merupakan rutinitas yang selalu berulang dari hari ke hari. Dari mulai ketika bangun tidur hingga malam hari ketika tidur lagi. Semuanya ibarat siklus yang selalu berputar.

Ada kalanya kamu merasa jenuh dengan rutinitas yang selalu berulang setiap hari. Walaupun mungkin apa yang kamu kerjakan memang suatu kewajiban. Atau bahkan yang kamu kerjakan sebenarnya tidak kamu benci. Hanya saja rutinitas yang berulang kadang membuat kamu jenuh.

Tenang saja, hampir semua orang pernah mengalami kejenuhan. Hanya saja ada orang-orang yang bisa menghilangkan kejenuhannya dengan caranya.

Jika kamu saat ini merasa jenuh dan ingin menghilangkan kejenuhan, coba saja beberapa cara berikut untuk menghilangkan kejenuhan karena rutinitas:

1. Ubah suasana sekitar


Mungkin yang membuat kamu merasa jenuh adalah suasana sekitar kamu yang tidak pernah berubah selama bertahun-tahun. Setiap kali kamu berada di kamar, di sekolah, di kampus, suasananya selalu sama.

Maka jika memungkinkan kamu bisa ubah suasana sekitar kamu. Jika selama ini ruanganmu atau kamar kamu jarang dibersihkan cobalah untuk membersihkannya. Singkirkan barang-barang yang tidak terpakai ke tempat lain. Kamu bisa juga ubah posisi beberapa barang yang ada di kamar kamu.

Begitu pun jika di kantor. Mungkin kamu tidak bisa dan tidak punya wewenang mengubah suasana kantor kamu. Tapi kamu bisa meletakkan sesuatu di meja kerja kamu, misalnya meletakkan bunga atau penghias lainnya yang membuat kamu tidak terlalu jenuh. Kamu juga mungkin bisa meletakkan foto suami atau istri atau anak, agar ketika jenuh, lalu melihat mereka dan kejenuhan itu bisa hilang.

Kalau kamu berada di kelas, mungkin kamu bisa bertukar tempat duduk dengan teman kamu agar tidak terlalu jenuh apabila kamu selalu duduk di tempat yang sama bertahun-tahun.

2. Pergi ke tempat yang berbeda


Yang membuat orang sering jenuh adalah selalu pergi ke tempat yang sama setiap harinya, dan melewati jalan yang sama. Dari mulai pagi berangkat ke kantor hingga pulang ke rumah dan tidur.

Jika kamu merasa jenuh, cobalah berangkat ke kantor, sekolah, atau kampus melewati jalan yang berbeda, yang jarang kamu lalui sebelumnya. Jika kamu naik kendaraan pribadi, cobalah sekali-kali berangkat lebih pagi dan naik kenadaraan umum.

Jika ada waktu libur, cobalah sekali-kali liburan ke tempat-tempat yang indah untuk menghilangkan kejenuhan. Kamu bisa pergi ke pantai, ke pegunungan, atau ke tempat rekreasi lainnya.

Jika pun waktu libur hanya sedikit atau hampir tidak ada, kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang jarang kamu kunjungi sebelumnya di kota tempat tinggalmu. Misalnya kamu bisa coba ke tempat perbelanjaan, makan di restaurang, atau pergi ke museum, ke perpustakaan, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, kamu akan merasakan suasana yang berbeda, yang membuat kejenuhan kamu bisa menghilang.

3. Bertemu dengan orang yang jarang kamu temui


Kejenuhan kadang juga bisa datang karena kamu selalu bertemu dengan orang yang itu-itu saja. Terlebih orang yang sering kamu temui tidak membuat kamu bahagia. Misalnya kamu pergi ke kantor dan setiap hari bertemu bos yang galak. Atau pergi ke sekolah dan bertemu dosen yang galak.

Cobalah untuk mengontak kembali teman-teman yang jarang kamu temui. Misalnya dengan mengadakan reuni teman sekolah yang sudah lama tidak bertemu, atau bertemu dengan sahabat dan sanak saudara yang selama ini jarang bertemu.

Kamu juga bsia bertemu dengan orang-orang baru. Misalnya bergabung dengan komunitas-komunitas yang kamu suka.

4. Lakukan hobi yang kamu suka


Pekerjaan dan rutinitas kadang bisa membuat jenuh. Kamu bisa mengimbanginya atau menghilangkan kejenuhan dengan melakukan hobi yang kamu suka di waktu-waktu senggang. Misalnya saat libur.

Setiap orang pasti punya satu atau beberapa hobi yang disukai. Misalnya bermain futsal, tenis, memancing, membaca, atau lain sebagainya.

Dengan melakukan hobi yang kamu suka, kejenuhan akan rutinitas yang kamu jalani akan menghilang.

Itulah beberapa acara menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas. Tapi jika kejenuhan kamu karena masalah yang sedang kamu pikirkan, kamu perlu baca cara menyikapi masalah secara positif agar kamu bahagia setiap hari.

Silakan sebarkan info ini agar teman kamu atau siapa pun yang sedang mengalami kejenuhan, kejenuhannya bisa dihilangkan.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.