recent

Titulo

7 Negara dengan sistem pendidikan terbaik berikut justru ada yang tanpa ujian, tanpa PR, sekolah hanya 5 jam, dan banyak libur

Maju atau tidaknya sebuah negara salah satunya ditentukan oleh pendidikannya. Karena pendidikan akan membentuk kualitas sumber daya manusia di suatu negara tersebut. 

Jika kualitas pendidikannya baik, akan menghasilkan sumber daya manusia yang baik dan mampu turut membawa negaranya menjadi lebih baik. Sedangkan jika sistem pendidikannya buruk bisa menghasilkan kualitas sumber daya manusia yang tidak baik.

Lalu untuk menghasilkan pendidikan yang baik apakah harus banyak ujian, banyak PR, jam sekolahnya semakin banyak, banyak pelajaran, atau lain sebagainya?

Ternyata tidak seperti itu. Fakta berikut ini mungkin membuat kamu tercengang. Karena negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik berikut justru ada yang memberlakukan tanpa PR, tanpa Ujian, jam belajar singkat, dan ada juga yang banyak libur.

Berikut negara-negara dengan sistem pendidikan terbaik:


1. Finlandia

sekolah di Finlandia
sekolah di Finlandia via seputarsulawesi.com

Ini negara yang paling fenomenal dalam membuat sistem pendidikan. Bagaimana tidak, negara ini mampu menjadi negara peringkat 1 dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. 

Namun yang fenomenal adalah sistem pendidikan di negara ini yang tidak membebankan siswa-siswanya secara berlebihan. Murid yang boleh mendaftar harus sudah berusia minimal 7 tahun. 

Bukan hanya itu, di Finlandia, ternyata murid tidak diberikan pekerjaan rumah atau PR. Jadi begitu pulang sekolah, mereka tidak perlu memikirkan untuk mengerjakan PR sekolah. Wow ... cukup aneh ya. Kalau di Indonesia sih biasanya murid dibebankan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Di Finlandia juga tidak ada ujian. Ini juga menarik, kalau kamu sekolah di Finlandia, kamu nggak perlu belajar semalaman dengan sistem kebut semalam untuk menyambut ujian keesokan harinya. Untuk mengevaluasi murid-muridnya diserahkan kepada guru masing-masing. Dan di sana juga tidak ada sistem ranking. 

Murid-murid yang belajar di sekolah pun tidak begitu lama di sekolah. Jam belajarnya hanya sekitar 4-5 jam setiap harinya. Murid-murid hanya datang untuk jadwal pelajaran yang mereka pilih. Selain jam itu, setiap 45 menit belajar akan ada istirahat selama 15 menit. Jadi mereka bisa merefresh sejenak sebelum belajar lagi.

Salah satu yang paling membuat pendidikan di sana berkualitas adalah gurunya. Guru yang mengajar di sana adalah guru-guru dengan kualitas terbaik. Semua guru sudah bergelar master dan dibiayai oleh pemerintah. Gaji guru pun di sana sangat tinggi.

Biaya sekolah pun untuk sekolah negeri ditanggung oleh pemerintah. Jadi murid dan orang tua murid tidak perlu pusing-pusing memikirkan biaya sekolah, terlebih bagi yang kurang mampu. Bahkan bukan hanya sekolahnya saja yang gratis. Fasilitas penunjang untuk murid lainnya pun disediakan pemerintah. Misalnya makan siang gratis, biaya kesehatan gratis, dan juga disediakan angkutan sekolah gratis.

2. Korea Selatan

sekolah di korea selatan
gambar sekolah di korea selatan via alakorsel.blogspot.com

Negara Korea Selatan akhir-akhir ini memang mengalami perkembangan cukup luar biasa. Bukan hanya dari seni hiburan semata ya, tapi coba lihat industrinya, seperti produk-produk elektronik bahkan otomotif yang mendunia. Itu tentu tak lepas dari kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan dari sistem pendidikan yang berkualitas.

Secara jenjang pendidikan, hampir sama dengan di Indonesia. Yaitu ada sekolah dasar, menengah, dan atas. Untuk sekolah dasar hingga menengah, biaya sekolah ditanggung oleh pemerintah. Sedangkan untuk sekolah menengah atas biayanya setengahnya ditanggung pemerintah.

Di Korea Selatan agak berbeda dengan di Finlandia. Jika di Finlandia murid yang mendaftar harus berusia minimal 7 tahun, di Korea selatan usia 3 tahun pun sudah diperbolehkan untuk mendaftar sekolah.

Namun yang tak kalah menariknya adalah, di Korea Selatan memberlakukan libur sekolah yang cukup panjang. Pada musim panas, musim dingin, dan musim semi ada libur sekolah yang cukup panjang.

Salah satu faktor yang membuat pendidikan di Korea Selatan maju adalah pemerintah menyediakan akses internet berkecepatan tinggi di setiap sekolah untuk mencari berbagai informasi bagi siswa-siswa yang membutuhkannya. Sehingga selain ilmu yang didapat dari guru mereka, mereka pun dapat mencari sumber informasi lainnya.

3. Hongkong

gambar sekolah di Hongkong via beritasatu.com

Hongkong juga menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. 

Sama seperti di Korea Selatan, di Hongkong pun murid sudah boleh mendaftar sejak usia 3 tahun. 

Di Hongkong kualitas pengajar sangat diutamakan, selain itu pendidikan di sana juga sangat kompetitif. Misalnya di sekolah menengah atas akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Bagi yang mendapat kelompok nomer 1 adalah kelompok dengan siswa terbaik dan semakin berkesempatan untuk masuk ke universitas favorit.

DI Hongkong juga menerapkan praktik kerja nyata agar para siswa terbiasa dan memiliki keahlian secara pengetahuan, dan juga praktik saat nanti berada di dunia kerja.

4. Jepang

gambar sekolah di Jepang via kesekolah.com

Jepang sudah dikenal sebagai negara maju dari segi teknologi, ekonomi, dan lain sebagainya. Maka tak heran jika sistem pendidikannya pun termasuk yang terbaik di dunia.

Secara jenjang, pendidikan di Jepang sebenarnya hampir sama dengan di Indonesia dan juga beberapa negara lain. Yaitu ada tingkat dasar, mengenah, dan menengah atas. 

Di Jepang tidak ada ujian kenaikan kelas, jadi setiap murid akan otomatis naik kelas. Kalau di Indonesia mungkin ada yang tidak naik kelas beberapa kali, kasihan ya .... :)

Selain itu, di Jepang pun tidak ada ujian nasional atau ujian akhir. Jadi setelah lulus SD bisa langusng daftar ke SMP, tapi bagi siswa SMP yang ingin masuk ke SMA tetap ada ujian masuk, namun hanya bersifat standar.

5. Singapura

gambar sekolah di Singapura via merdeka.com

Singapura merupakan negara kecil yang sangat maju. Tak heran jika sistem pendidikannya pun menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Karena itulah banyak juga orang-orang Indonesia yang memilih untuk sekolah di Singapura.

Yang membuat Singapura menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik adalah dari kualitas pengajar serta infrastuktur yang sangat lengkap. 

Selain itu, di Singapura murid juga harus mencari pertanyaan dan jawaban dan memecahkan pertanyaan tersebut bersama-sama.

6. Belanda

gambar sekolah di Belanda via sulitabatigol.wordpress.com

Belanda bukan hanya terkenal dengan kincir angin dan bunga tulipnya, tapi juga dengan tim sepak bolanya. Loh ... ini kan lagi bahas pendidikan. Ya, Belanda juga termasuk dalam negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik.

Seluruh program studi yang ada di negara ini harus terakreditasi pemerintah. Dan yang menarik adalah, sistem penjurusan di Belanda sudah dimulai sejak sekolah dasar. Jadi, sejak SD, murid sudah bisa memilih sesuai minat dan kemampuannya masing-masing yang akan dipelajari di sekolah.


7. Kanada

Gambar sekolah di Kanada via konsultanpendidikan.com

Di Kanada hampir sama dengan di Indonesia dan negara lainnya dalam hal jenjang pendidikan, yaitu terdiri dari sekolah dasar, menengah, dan menengah atas, serta perguruan tinggi.

Namun kualitas sekolah dan pengajar di negara ini tidak diragukan lagi.

Itulah beberapa negara dengan sistem pendidikan terbaik. Mudah-mudahan saja ke depannya Indonesia juga bisa memperbaiki sistem pendidikannya dan menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik.

Silakan sebarkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi banyak orang.

Oh iya, ada juga di sebuah negara semua anak usia 5 tahun sudah bisa bahasa Inggris. Ketahui bagaimana sistem belajarnya.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.