recent

Titulo

4 Cara menentukan pilihan yang tepat, jika kamu sedang bingung menentukan pilihan

menentukan pilihan

Hidup tidak pernah lepas dari pilihan. Setiap langkah yang kita lalui adalah pilihan. Setiap kata yang kita ucapkan adalah pilihan. Setiap tindakan yang kita perbuat adalah pilihan.

Dalam hidup, ada kalanya kita dihadapkan pada pilihan sulit. Yang membuat kita bingung harus memilih yang mana. Tapi kita harus memilih salah satu dari pilihan-pilihan itu.

Jika pilihan itu menentukan masa depan kita, yang mungkin mengandung risiko, tentu itu menjadi hal yang semakin sulit untuk ditentukan. Karena jika salah memilih bisa-bisa kita menyesal nantinya.

Jika kamu sedang mengalami kebingungan dalam memilih sesuatu, entah itu memilih jurusan kuliah, pekerjaan, atau juga memilih jodoh dari beberapa calon yang tertarik padamu. Lakukan cara berikut ini untuk memilih pilihan yang tepat:

1. Pelajari lebih banyak tentang pilihan-pilihan itu

pelajari

Bisa jadi ketakutan kamu untuk memilih adalah karena kamu belum tau banyak tentang pilihan itu. Misalnya ketika kamu bingung memilih jurusan antara jurusan teknik informatika atau teknik sipil, kamu mungkin belum tau seperti apa kuliah di jurusan itu dan seperti apa prospek ke depannya.

Kamu bisa mencari tau lebih banyak lagi tentang dua jurusan kuliah yang membuat kamu bingung mau memilih yang mana. Jika kamu sudah dapat informasinya semoga kamu bisa menentukan pilihan yang tepat. Kamu bisa baca juga cara memilih jurusan kuliah yang tepat.

Hal ini juga berlaku untuk pilihan-pilihan lainnya. Misalnya ketika kamu bingung mau menerima pria yang mana di antara 2 pria yang melamarmu, kamu harus tau dulu seperti apa karakter mereka, sifat, pekerjaan, dan lain sebagainya. Kamu bisa tanyakan pada teman-teman atau orang-orang terdekatnya. Sehingga kamu bisa lebih tau tentang mereka dan lebih bisa menentukan pilihan yang mana yang lebih baik untukmu.


2. Tentukan prioritas dan tujuan

tentukan prioritas

Setelah mengetahui lebih banyak tentang pilihan-pilihan yang membuat kamu bingung. Kamu harus tentukan prioritasnya. Misalnya jika kamu mau memilih jurusan kuliah, apa yang menjadi prioritas utama kamu. Apakah prospek kemudahan diserap di lapangan pekerjaan, atau karena hobi yang kamu tekuni, atau prioritasnya adalah ingin diterima di perguruan tinggi negeri.

Jika kamu ingin memilih pria yang tepat dari mereka yang melamarmu pun seperti itu. Apa prioritas utama yang kamu inginkan. Apakah tampan, gagah, kaya, berpengetahuan luas, atau ketaatan dalam menjalankan agama.

Jika kamu sudah tentukan prioritas atau tujuan utama, kamu bisa pilih di antara pilihan itu sesuai dengan prioritas atau tujuan utama yang kamu inginkan.

3. Ikuti kata hati

ikuti kata hati

Kamu juga bisa memilih berdasarkan kata hati yang kamu rasakan. Misalnya jika kamu bingung apakah ingin memilih jurusan arsitek atau teknik informatika. Coba tanyakan kata hatimu. Jika kamu lebih menyukai mendesain gedung, tentu pilih jurusan arsitek. Tapi jika kamu suka membuat program komputer tentu pilih jurusan informatika.

Dalam memilih hal lain pun kamu bisa tentukan sesuai kata hati. Termasuk memilih pasangan. Pilih yang paling sesuai dengan kata hati kamu.

Apa pun pilihan kamu dalam hal apa pun, jika sesuai dengan kata hati, kamu akan menjalaninya dengan ikhlas, maksimal, dan bahagia. Tapi berbeda jika kamu memilih karena keterpaksaat. Tentu menjalaninya pun akan sangat terpaksa, tidak maksimal, dan tidak merasa bahagia

4. Sholat istikharah


Jika cara-cara di atas sudah kamu lakukan. Selanjutnya kamu mungkin juga perlu menyerahkan semuanya pada Allah. Lakukan shalat istikharah yaitu shalat untuk memohon petunjuk diberikan yang terbaik atas segala pilihan yang akan kamu pilih.

Berdoalah agar apa yang kamu pilih nantinya adalah pilihan yang terbaik dan tidak akan membuat kamu menyesal.

Itulah beberapa cara untuk memilih sesuatu jika kamu sedang bingung dalam menentukan pilihan. 

Silakan share artikel ini, mungkin banyak sobat caralogi lainnya yang sedang bingung dalam menentukan pilihan. Semoga saja kamu dan juga mereka diberikan kemudahan dalam menentukan pilihan yang tepat.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.