recent

Titulo

Cara memilih jurusan yang tepat, buat kamu yang mau kuliah

cara memilih jurusan yang tepat

Buat kamu yang sebentar lagi lulus SMA, mungkin sudah mulai berpikir untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

Jika ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi, tentu kamu harus bisa menentukan jurusan mana yang ingin kamu pilih. Karena ini menentukan untuk masa depan kamu nantinya.

Tapi mungkin di antara kamu juga ada yang masih bingung mau memilih jurusan apa. Kamu tetap saja belum bisa menentukan walaupun sudah berpikir berulang kali.

Berikut adalah cara memilih jurusan yang tepat buat kamu yang mau kuliah:

1. Ikuti kata hatimu


Yang paling penting dalam memilih jurusan yang tepat adalah dengan mengikuti kata hatimu. Coba tanyakan pada dirimu sendiri ingin menjadi apa kelak. Misalnya kamu ingin menjadi programer, tentu pilih jurusan Informatika, atau jika kamu ingin menjadi dokter, tentu pilih jurusan kedokteran.

Setiap orang pasti punya cita-cita. Kejarlah cita-cita itu. Memilih jurusan yang tepat untuk mencapai impian kamu adalah salah satu cara untuk menjadi orang sukses. Karena nantinya kamu tidak akan menjalani perkuliahan secara terpaksa, tapi benar-benar dari hati karena itu adalah keinginan kamu yang paling dalam.

Tapi terkadang jurusan yang kamu inginkan bukanlah jurusan yang lulusannya banyak diserap di lapangan pekerjaan. Misalnya karena kamu suka dengan sastra, kamu memilih jurusan sastra. Yang menurut penilaian banyak orang serapannya di dunia kerja tentu tidak sebanyak jurusan lain seperti teknik sipil, teknik informatika, atau keuangan, dan jurusan lainnya.

Dan karena itu mungkin juga orang tua kamu tidak mendukungmu karena alasan itu. Sedangkan kamu benar-benar menginginkannya, namun dengan dibalut keraguan dengan fakta tersebut.

Yang harus kamu pikirkan adalah sebenarnya, lulusan jurusan apa pun punya kesempatan yang sama untuk sukses nantinya. Karena kesuksesan bukan ditentukan oleh jurusan yang kamu pilih, tapi oleh tekad kamu meraihnya.

Jika orang tuamu tidak sependapat, berilah pengertian padanya dan kamu harus sungguh-sungguh menjalaninya. Buktikan dengan jurusan yang kamu pilih sesuai dengan kata hatimu, kamu bisa meraih kesuksesan.

2. Pilih jurusan yang banyak diserap di lapangan kerja


Untuk memilih jurusan memang tergantung tujuannya. Jika kamu ingin sukses sesuai bidang yang kamu cintai, maka pilihlah cara di nomer 1.

Tapi jika kamu ingin kuliah karena untuk mencari pekerjaan nantinya, tentu memilih jurusan yang lulusannya banyak diserap di lapangan pekerjaan bisa menjadi pilihan.

Beberapa jurusan yang lulusannya banyak diserap di lapangan pekerjaan antara lain: Jurusan Pendidikan, hukum, akuntansi, dan lain sebagainya.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah, memang tidak selalu lulusan jurusan tertentu nantinya akan bekerja sesuai dengan jurusan tersebut. Bisa jadi antara jurusan kuliah dan pekerjaan tidak saling berhubungan. Tapi kemunkginan besar biasanya memang berhubungan.

3. Pilih jurusan sesuai dengan nilai dan kemampuan


Jika kamu ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri, tentunya kamu harus memilih jurusan yang memungkinkan kamu untuk diterima di perguruan tinggi tersebut.

Perhatikan jurusan-jurusan yang mengharuskan kamu punya nilai dan kemampuan tinggi untuk diterima di jurusan tersebut. Sesuaikan dengan kemampuan kamu, mana jurusan yang kira-kira sesuai dengan nilai dan kemampuan kamu.

Ada beberapa jurusan di universitas terntentu yang passing gradenya sangat tinggi, seperti jurusan akuntansi, kedokteran, teknik elektro, dan farmasi. Jika kamu ingin diterima di universitas negeri dengan memilih jurusan tersebut tentu kamu harus punya nilai yang bagus saat seleksi ujian masuk. 

Jadi, jika ingin diterima di perguruan tinggi negeri, kamu harus cari daftar passing grade jurusan di beberapa universitas negeri tersebut. Jika kamu sudah mengikuti try out, kamu bisa lihat berapa nilai kamu yang cocok dan memungkinkan untuk masuk di jurusan tertentu di universitas negeri yang kamu inginkan.

Itulah beberapa cara untuk memilih jurusan kuliah yang tepat. Sesuaikan ketiga cara tersebut dengan niat kamu yang paling kuat.

Pakai cara nomer satu jika kamu ingin kuliah di jurusan yang sesuai dengan kata hati kamu dan cita-cita kamu.

Pilih cara nomer dua jika kamu ingin memilih jurusan yang lapangan pekerjaannya luas.

Dan pilih cara nomer tiga jika kamu ingin kuliah dan diterima di perguruan tinggi negeri.

Yang perlu diingat, jurusan yang kamu pilih hanyalah sebuah jembatan, bukan penentu utama sebuah kesuksesan. Tapi kerja keras dan semangat yang tinggi untuk meraih sukseslah yang bisa mewujudkannya. Karena yang tidak kuliah pun punya cara untuk meraih suksesanya dengan kerja keras.

Silakan share artikel ini, mungkin banyak juga sobat caralogi lainnya yang sebentar lagi mau kuliah dan sedang bingung bagaimana caranya memilih jurusan kuliah yang tepat. Semoga kamu dan mereka bisa mendapat pencerahan.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.