recent

Titulo

Cara mengubah file ke format pdf dengan sangat mudah dan cepat

Setelah kita menulis suatu dokumen atau karya, ketika kita ingin mengirimkan file tersebut ke pihak lain agar file sudah fix dan tidak berubah, biasanya kita harus mengubahnya ke format pdf.

Jika dalam format microsoft word, power point, atau yang lain sebagainya sangat memungkinkan file tersebut berubah baik disengaja ataupun tidak, di file format pdf tentu saja tidak. Karena pdf adalah format file untuk membaca suatu dokumen atau file tanpa mengeditnya.

Mungkin banyak sekali yang sudah tau cara mengubah file apa pun baik MS word, power point, atau beberapa file office lainnya ke pdf. Tapi mungkin juga ada yang belum tau cara praktis untuk mengubah file ke format pdf. Untuk itu kami informasikan beberapa caranya.

Berikut adalah cara mengubah file ke format pdf dengan sangat mudah:


1. Cara mengubah file ke pdf melalui online


Untuk mengubah file ke pdf bisa dilakukan secara online. Caranya kamu pilih atau buka beberapa situs untuk mengubah file ke pdf secara online.

Silakan lihat web-web tersebut di sini 

Setelah kamu memilih dan membuka salah satu web tersebut. Misalnya di www.freepdfconvert.com, kamu bisa upload file yang ingin diubah. Setelah diupload lalu klik convert untuk mengubah file tersebut ke pdf.


2. Cara mengubah file ke pdf secara offline


Jika cara mengubah file ke pdf secara online, komputer kamu harus terhubung dulu ke internet, cara yang ke dua ini tidak perlu.

Berikut adalah cara mengubah file ke pdf secara offline:

- Download dan instal add in save as to pdf


Yang pertama dilakukan adalah kamu harus download terlebih dahulu add in save as to pdf di http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=7

Setelah itu add in save as to pdf tersebut diinstal terlebih dahulu. Karena di format MS word atau softwre office lainnya tidak terdapat save as to pdf. 


- Buka file dan save as ke pdf


Setelah add in tersebut diinstal. Lalu kita buka file yang ingin kita ubah formatnya ke pdf. Misalnya file yang kita ingin buka formatnya microsoft word.

Setelah dibuka, lalu kita langsung save as file tersebut ke pdf. Caranya dengan memilih save as > pdf or xps seperti di bawah ini:


- Pilih lokasi penyimpanan dan nama file


Setelah itu kita pilih lokasi penyimpanan file tersebut dan tulis nama file yang ingin kita simpan. Baru klik publish dan lihat hasilnya.

Sebenarnya selain dengan cara tersebut, bisa juga kita langsung save as file itu, lalu pada saat memilih lokasi penyimpanan, pilih pdf di bagian save in type lalu publish dan lihat hasilnya.


Ini hasil setelah file tersebut diubah ke format pdf


Itulah beberapa cara untuk mengubah file ke format pdf dengan sangat mudah dan cepat. Silakan share, semoga yang belum tau caranya bisa menjadi tau.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.