recent

Titulo

Lihat bagaimana cara domba-domba ini memanjat tebing vertikal. Menakjubkan

via duniasejutawarna.blogspot.co.id
Sobat Caralogi, kalau kita lihat domba, yang ada di pikiran kita, domba hanya bisa makan rumput, berjalan di antara rerumputan dan ilalang, atau kadang berlari-larian di antara pepohonan. 

Mungkin sebelumnya Sobat Caralogi tak pernah sedikit pun terbersit dalam pikiran kalau domba bisa memanjat tebing. Jangankan memanjat tebing, kita pun bahkan jarang melihat domba bisa memanjat pohon.

Tapi ternyata benar-benar ada domba-domba yang bisa memanjat tebing. Padahal tebing itu adalah tebing vertikal. Manusia saja tidak akan bisa memanjatnya tanpa bantuan alat. Lalu bagaimana domba-domba itu bisa memanjat tebing vertikal, padahal domba tidak mempunyai tangan. Iya.... jangan salah loh, domba memang tidak mempunyai tangan, yang di depan itu juga kaki.

Ternyata, domba-domba yang bisa memanjat tebing itu adalah domba gunung yang punya keahlian khusus dalam memanjat tebing. Woww... padahal nggak ada pelatih panjat tebing yang melatih mereka. Domba gunung itu juga biasa disebut kambing Rocky Mountain.

Mereka hidup di daerah yang memang di sekitarnya terdapat tebing-tebing batu yang tinggi, seperti di Alaska, Amerika Serikat. Dan ada juga yang hidup di India, Afganistan, dan beberapa daerah lainnya.

Oh iya, walaupun disebut domba atau kambing, tapi sebenarnya mereka ternyata bukan kambing. Ternyata mereka adalah antilop, yaitu sejenis Kijang dan Rusa, walaupun secara perawakan mirip domba. Mungkin karena itu mereka sering disebut domba atau kambing.

Tapi nggak apa-apa. Percayalah, mereka nggak akan protes walaupun disebut domba atau kambing. Bahkan disebut babi atau monyet pun mereka nggak akan marah :D. Coba aja kalau sobat caralogi nggak percaya :D

Kambing-kambing itu bisa memanjat tebing karena punya kuku yang tajam. Mereka bisa mencengkram batu pada tebing dengan begitu kuat. Kuku-kukunya terbelah dengan dua jari kaki yang bisa melebar untuk menjaga keseimbangan. Mereka juga punya bantalan kasar di bawah kakinya, jadi cengkramannya kuat, seperti sepatu para pendaki gunung. 

Karena itulah kambing gunung ini bisa berjalan dan mendaki tebing yang curam, bahkan bisa melintasi tebing yang tertutup es. Pantas saja kambing gunung ini mempunyai kemampuan memanjat melebihi hewan lain, bahkan melebihi manusia. 
via ferboes.com
Mereka bisa bertahan di kondisi ekstrim seperti itu juga karena makanan mereka adalah lumut dan tumbuhan yang tumbuh di gunung. Juga karena bulu putih yang mereka miliki, membuat mereka bisa bersembunyi di antara salju untuk menghindari musuh-musuhnya. Bulu-bulu yang tebal itu juga membuat mereka bisa bertahan dari kondisi yang dingin.

Itulah salah satu hewan ciptaan Yang Maha Kuasa yang sangat mengagumkan. Silakan share agar sobat caralogi lainnya bisa menambah ilmu pengetahuan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.