recent

Titulo

8 Cara alami menghilangkan ketombe dengan ampuh

cara menghilangkan ketombe

Mungkin kamu pernah garuk-garuk kepala, bukan karena sedang bingung, tapi karena ketombe yang membuat kepala kamu rasanya gatal.

Ketombe memang mengganggu karena bisa membuat kepala gatal. Selain itu secara penampilan pun jika kamu memakai baju hitam bisa terlihat serbuk-serbuk putih ketombe di baju kamu.

Nggak lucu kan kalau kamu sedang ada di acara pesta, atau sedang kuliah, atau sedang meeting, tiba-tiba garuk-garuk kepala.

Mungkin banyak shampo anti ketombe, tapi jika semuanya sudah kamu coba dan ketombe masih belum hilang juga, kamu bisa coba 8 cara menghilangkan ketombe secara alami berikut ini:

1. Cara menghilangkan ketombe dengan garam


Garam biasanya dipakai untuk memasak dan menghasilkan rasa asin pada makanan. Kadang pula jika ada ular bisa juga untuk menaburkan garam agar ular tidak masuk ke rumah.

Tapi ternyata garam juga bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe. Kristal garam bisa membuat kulit kepala bersih. Gunakan juga bersamaan degan shampo supaya hasilnya lebih maksimal.

Cara menggunakan garam untuk menghilangkan ketombe adalah dengan memijat kulit kepala dengan 3 sendok makan garam. Sebelumnya, usahakan kepala atau rambut kamu dibasahkan sedikit terlebih dahulu. Lalu setelah itu bisa menggunakan shampo.

2. Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya


Lidah buaya memang sudah terkenal untuk urusan perawatan rambut. Ternyata lidah buaya bagus juga untuk menghilangkan ketombe.

Di dalam lidah buaya terdapat gel aloe vera yang bagus untuk menghilangkan ketombe.

Caranya adalah dengan mengambil aloe vera yang terdapat di lidah buaya. Lalu gel aloe vera tersebut pakaikan di kulit kepala. Setelah itu diamkan selama 15 menit lalu cuci rambut kamu dengan shampo dan air.

3. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk lemon


Jeruk lemon memang enak kalau dibuat jus. Tetapi fungsinya ternyata juga bisa untuk menghilangkan ketombe. Keasamannya mampu memecah jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan 2 sendok makan dan 1 sendok teh jus lemon segar serta 1 cangkir air.

Setelah itu kamu bisa memijat kepala kamu dengan 2 sendok jus lemon. Lalu biarkan selama 1 menit. Setelah itu baru campurkan ke 1 cangkir air 1 sendok teh jus lemon tadi. Campuran itu lalu dipakai untuk membilas rambut kamu yang tadi sudah dipijat dengan 2 sendok makan jus lemon.

Ini bisa dilakukan setiap hari sampai ketombenya hilang.

4. Cara menghilangkan ketombe dengan daun neem


Mungkin kamu baru dengar daun ini, daun ini juga bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe. Daun ini bisa menghilangkan gatal di kepala dan menghambat tumbuhnya jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya adalah masukkan dua genggaman tangan daun neem ke 4 sampai 5 cangkir air panas. Setelah itu selama semalam didiamkan. Lalu di pagi hari cairan tersebut disaring.

Air yang telah disaring tersebut bisa digunakan untuk membilas rambut kamu. Biarkan beberapa lama lalu cuci dengan air.


5. Cara menghilangkan ketombe dengan Baking soda


Baking soda bukan hanya digunakan untuk membuat kue. Ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe.

Baking soda mampu menyingkirkan sel kulit mati dan juga mampu membunuh jamur penyebab ketombe.

Cara menggunakannya adalah dengan menyiapkan satu cangkir air hangat. Masukkan satu sendok makan baking soda pada air di cangkir tersebut lalu aduk.

Lalu gunakan pada rambut kamu sebagai pengganti shampo. Setelah beberapa lama baru bilas dengan air.

6. Cara menghilangkan ketombe dengan cuka


Cuka juga biasanya dipakai untuk makanan. Tapi ternyata juga bisa dipakai untuk menghilangkan ketombe.

Cuka bisa menyingkirkan kulit mati di kepala sehingga tidak menjadi ketombe. Cuka juga membasmi jamur yang bisa menyebabkan ketombe. 

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat pada cangkir. Cukup setengah cangkir cuka apel dan setengah cangkir air hangat. 

Lalu campuran tersebut dituangkan pada rambut kamu, dan gosok beberapa saat. Setelah itu bilas rambut dengan air.

Kamu bisa ulangi setiap minggu atau dua minggu sekali sampai hasilnya ketombenya hilang. 

7. Cara menghilangkan ketombe dengan makan makanan sehat


Salah satu penyebab yang mungkin membuat rambut kamu ketombean adalah kurangnya makanan sehat yang bergizi. Maka makan makanan sehat bisa mengurangi risiko ketombean dan menghilangkan ketombe.

Makanan yang sehat seperti sayuran  bagus bagi kulit kepala, minyak ikat dapat mengurangi atau mencegah ketombe, dan protein pada makanan seperti ikan, daging, telur, serta kacang-kacangan mampu membuat rambut dan kulit kepala menjadi sehat.


8. Cara menghilangkan ketombe dengan sinar matahari


Cara ini kelihatannya paling simpel. Tapi kabarnya memang benar bahwa cahaya matahari bisa menghilangkan ketombe. 

Mungkin cahaya matahari bisa mengeringkan kelebihan minyak yang bisa menyebabkan ketombe.

Jadi, kamu bisa coba berjemur selama 10 sampai 15 menit di bawah sinar matahari. Jangan terlalu lama karena sinar matahari juga bisa merusak kulit.

Itulah 8 cara alami untuk menghilangkan ketombe secara ampuh. Silakan kamu coba pilih ingin menggunakan cara yang mana untuk menghilangkan ketombe di rambut kamu.

Silakan bagikan info ini agar sobat caralogi yang lain, yang juga mengalami masalah dengan ketombe bisa mendapat solusinya.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.