recent

Titulo

Jika kartu ATM tertelan mesin ATM, jangan panik. Berikut cara mengatasi hal itu


Mungkin kamu pernah ketika mengambil uang atau melakukan transaksi lainnya di ATM, ternyata kartu ATM kamu tiba-tiba tertelan mesin ATM. Penyebabnya bisa jadi karena kamu lama mengambil kartu ATM setelah selesai transaksi. Biasanya karena setelah mengambil uang, menghitung uang terlebih dahulu sebelum mengambil kartu ATM.

Sebenarnya itu adalah bagian dari sistem keamanan yang diberlakukan oleh Bank. Karena jika ada seseorang yang menggunakan kartu ATM-nya di mesin ATM dan lupa mengambilnya ketika selesai transaksi, ATM akan menelan kartu tersebut untuk keamanan. Karena jika diambil oleh orang lain bisa berbahaya. Jika orang tersebut memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berbuat jahat tabungan kamu bisa dikurasnya. Maka itu mesin ATM menelannya. Jadi bukan karena mesin ATM sedang lapar, ya :D

Nah, kalau kamu mengalami hal seperti itu, jangan panik. Jangan juga kemudian kamu membongkar mesin ATM untuk mengambil kartu ATM kamu :D. Justru kamu malah menjadi kriminal kalau begitu.

Yang harus kamu lakukan untuk mengatasi hal itu adalah sebagai berikut:

1. Mencari nomer telepon Bank dan segera menelepon pihak Bank 


Setelah kartu ATM kamu tertelan mesin ATM, kamu harus mencari nomer telepon Bank tersebut. Tapi di sini perlu hati-hati, karena pernah ada kejahatan dengan mencantumkan nomer telepon si penjahat di mesin ATM dan berpura-pura sebagai pihak Bank.

Si penjahat itu akan menanyakan nomer pin kartu kamu untuk bisa dia manfaatkan. Sementara pihak Bank tidak pernah menanyakan pin ATM kamu karena itu memang rahasia.

Jika nomer telepon yang tercantum di ATM sama seperti nomer telepon biasa, kamu perlu curiga. Jangan buru-buru menelepon. Karena biasanya nomer telepon resmi pihak Bank hanya beberapa angka saja.

2. Memblokir kartu ATM kamu


Pada saat menelepon pihak Bank kamu ceritakan bagaimana kartu ATM kamu bisa tertelan mesin ATM. Nantinya kamu akan ditanyakan tentang nama dan biodata kamu. Tapi tidak akan ditanya tentang nomer pin ATM. Karena itu adalah rahasia kamu seorang. Jadi, jangan pernah menjawab jika ada seseorang yang menanyakan nomer pin ATM kamu.

Di telepon kamu minta untuk memblokir kartu ATM kamu. Tujuannya adalah agar kartu ATM kamu yang tertelan ATM itu tidak bisa dipakai orang lain jika ditemukan oleh orang lain nantinya. Ini juga berlaku jika kartu ATM kamu hilang. Lebih baik blokir kartu tersebut.

Untuk kartu ATM yang tertelan tentu tidak bisa kamu gunakan lagi.

3. Buat kartu ATM yang baru


Setelah kamu memblokir kartu ATM kamu. Kamu silakan buat kartu ATM yang baru. Datangi kantor Bank tersebut dan ikuti prosedurnya untuk membuat kartu ATM baru.

Setelah kartu ATM jadi kamu bisa menggunakannya lagi seperti semula.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika kartu ATM kamu tertelan mesin ATM. Jika kamu pernah mengalaminya semoga bisa menjadi pelajaran. Jika kartu ATM tertelan karena terlalu lama mengambil kartu setelah selesai transaksi, di lain waktu harus lebih cepat.

Setelah transaksi segera ambil kartu ATM. Jangan menghitung uang terlebih dahulu. Menghitung uang bisa dilakukan setelah kartu ATM diambil.

Lalu bagaimana caranya jika kartu ATM tertelan masuk ke mulut? Nah, kalau itu sih segera ke toilet, siapa tau keluar uang :D :D

Silakan share artikel ini, siapa tau ada sobat caralogi lainnya yang pernah atau sedang mengalami kartu ATM-nya tertelan mesin ATM. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.