recent

Titulo

Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik


Mungkin di antara kamu ada yang baru lulus atau sebentar lagi lulus kuliah dan ingin mencari pekerjaan. Ini adalah pengalaman pertama kamu untuk mencari dan melamar pekerjaan. 

Atau mungkin di antara kamu ada juga yang sudah berkali-kali membuat dan mengirim surat lamaran pekerjaan, namun tak kunjung ada jawaban. Tak ada satu pun yang berlanjut ke proses tes dan wawancara. Yang akhirnya membuat kamu masih menganggur.

Mungkin kamu tidak tau bagaimana caranya membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik. Karena dari sekian banyak pelamar dari sebuah lowongan pekerjaan, hanya sedikit saja yang diterima.

Tentunya setiap penerimaan karyawan di masing-masing perusahaan melalui proses dan tahapan masing-masing. Biasanya dari surat lamaran kerja yang masuk, HRD di perusahaan tersebut akan melihat dari surat lamaran kerja dan biodata atau CV (curicculum vitae) para calon pelamar.

Jika ada pelamar pekerjaan yang surat lamaran pekerjaannya tidak menarik, tentu saja HRD di perusahaan tersebut tidak akan memanggil pelamar tersebut untuk meneruskan ke proses tes dan wawancara. Hanya pelamar yang surat lamaran pekerjaannya dan CV-nya baik dan menarik yang bisa membuat HRD tertarik untuk memanggil pelamar tersebut.

Jadi, kamu perlu tau bagaimana caranya membuat surat lamaran kerja yang baik dan menarik. Seperti yang dibahas di bawah ini:

1. Perhatikan kelengkapan surat lamaran pekerjaan


Yang dimaksud dengan kelengkapan surat lamaran pekerjaan adalah mulai dari tanggal surat, hal, tujuan surat lamaran pekerjaan tersebut, tujuan kamu mengirimkan lamaran pekerjaan, biodata singkat, dan lain sebagainya.

Tempat dan tanggal surat dibuat diletakkan di bagian kanan atas. Lalu di bagian kiri atas dicantumkan hal berupa lamaran pekerjaan, dan dibawahnya tujuan surat itu dikirim, yaitu untuk HRD di perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tersebut.

Setelah itu, lalu ucapan salam seperti kata "Dengan hormat" dan dibawahnya adalah tujuan atau maksud kamu mengirimkan surat lamaran tersebut.

Untuk tujuan atau maksud kamu mengirimkan surat lamaran pekerjaan tersebut misalnya kalimatnya seperti ini:

Setelah melihat info lowongan pekerjaan dari surat kabar, dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu untuk posisi ....

Di surat lamaran pekerjaan tersebut, kamu bisa cantumkan biodata singkat yang terdiri dari nama, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, No. handphone, dan lain sebagainya.


2. Tulis kelebihan kamu untuk posisi pekerjaan tersebut


Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa HRD akan menerima banyak surat lamaran dan hanya memilih beberapa saja dari surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik.

Untuk membuat HRD di perusahaan tersebut tertarik dengan surat lamaran pekerjaan yang kamu buat, di surat lamaran pekerjaan yang kamu buat, kamu harus menuliskan apa kelebihan yang kamu miliki, yang berkaitan dengan posisi di pekerjaan tersebut nantinya.

Jika kamu punya IPK yang tinggi di jurusan yang berkaitan dengan posisi pekerjaan, kamu bisa sampaikan di surat lamaran pekerjaan tersebut. Atau jika kamu pernah punya pengalaman bekerja di bidang yagn sama, kamu juga bisa sampaikan secara singkat di surat lamaran pekerjaan tersebut.

Misalnya kamu ingin melamar pekerjaan untuk posisi supervisor proyek kontruksi, di surat lamaran pekerjaan kamu bisa menuliskan kelebihan kamu sesuai posisi tersebut. Misalnya:

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya ketahui melalui surat kabar, saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan sebagai supervisor proyek kontruksi di perusahaan Bapak/Ibu.

Saya adalah lulusan Teknik Sipil dengan IPK 3,9 dan pernah memiliki pengalaman saat kerja praktek sebagai pengawas di sebuah proyek kontruksi. Tentunya pekerjaan tersebut tidak asing bagi saya.

Jika kamu ingin melamar untuk posisi lain pun pada intinya sama, yaitu cantumkan kelebihan kamu yang berkaitan dengan posisi pekerjaan yang ingin kamu tempati.

3. Cantumkan jika kamu diterima bekerja, apa kontribusi yang ingin kamu berikan


Bagian ini biasanya diletakkan di bagian akhir. Yaitu kamu menyampaikan apa kontribusi yang ingin kamu berikan jika kamu terpilih untuk menempati posisi pekerjaan yang ditawarkan.

Dengan begitu, HRD akan mempertimbangkan surat lamaran pekerjaan tersebut. Jika ia tertarik, ia akan menghubungimu untuk proses tes dan wawancara.

Contoh kalimatnya seperti ini: 

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya bisa diterima bekerja di perusahaan bapak/ibu untuk posisi .... Dan jika saya diterima bekerja untuk posisi tersebut, saya siap bekerja sebaik mungkin baik secara individu maupun tim. Dan mengaplikasikan semua ilmu dan pengalaman saya untuk berkontribusi di perusahaan bapak/ibu.


4. Sebutkan juga lampiran


Di surat lamaran tersebut, sebutkan juga lampiran apa saja yang kamu kirimkan sebagai syarat untuk lowongan pekerjaan tersebut dan juga untuk meyakinkan HRD di perusahaan tersebut tentang kapasitas kamu untuk menempati posisi pekerjaan itu.

Lampiran yang dilampirkan biasanya adalah ijazah, transcript nilai, Daftar riwayat hidup (CV), sertifikat-sertifikat, dan kelengkapan lainnya.


Jadi, berdasarkan 4 poin di atas. Berikut kami berikan contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik:
contoh surat lamaran pekerjaan

Silakan sebarkan informasi ini. Siapa tau ada sobat caralogi lainnya yang sudah mengirimkan berbagai lamaran pekerjaan ternyata belum diterima, atau juga ada yang baru ingin membuat surat lamaran pekerjaan.

Semoga mereka juga mendapat pencerahan tentang bagaimana caranya membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik.

Tapi jika kamu sudah bekerja dan ingin membuat surat lamaran pekerjaan untuk pindah ke perusahaan lain, kamu juga tentunya harus tau bagaimana cara bijak untuk resign dari kantor tempat kamu bekerja.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.