recent

Titulo

Masih muda sudah ubanan? Ini penyebab dan cara mengatasi ubanan saat masih muda


Kalau kita melihat, orang yang rambutnya hitam seiring bertambahnya usia, saat sudah memasuki usia senja rambutnya akan memutih. Dan itu dialami semua orang yang sudah berusia lanjut.

Tapi kadang, mungkin kita pernah melihat seseorang yang masih muda tapi sudah ubanan. Mungkin teman kamu ada yang mengalaminya? Atau bahkan kamu sendiri mengalaminya?

Tenang, kamu harus tau dulu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab seseorang yang masih muda sudah ubanan ada beberapa faktor:

1. Stres

Stres ternyata bisa memicu timbulnya uban di kepala kamu. Semakin banyak stres semakin besar kemungkinan rambut beruban.

Mungkin kalau kamu merasa rambut sudah mulai ubanan tapi usia masih muda mungkin penyebabnya kamu stres dan kebanyakan memikirkan masalah yang menimpa kamu.

Kenapa stres bisa menyebabkan ubanan? 

Karena pigmen alami pewarna rambut adalah melanin. Dan stres bisa menghambat produksi melanin. Jadi kalau proses produksi melaninnya terhambat bisa menyebabkan rambut memutih. 

Tapi jika proses produksi melanin kemudian tidak terhambat, maka semuanya akan normal kembali dan rambut menjadi hitam kembali.

Artinya salah satu cara untuk mengatasi ubanan jika kamu masih muda adalah jangan stres. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah. Masalah itu ada untuk diatasi, bukan untuk dipikirkan terus menerus.

Setiap orang pasti punya masalah. Sebenarnya kamu bisa tetap bahagia walau banyak masalah. Coba baca 5 cara menjalani hidup dengan bahagia walau banyak masalah menerpa. Mudah-mudahan kamu tidak stres lagi dan rambut kamu tidak ubanan.

2. Kurang gizi

Faktor penyebab berikutnya jika masih muda sudah ubanan adalah faktor kekurangan gizi yang baik alias gizi buruk. 

Kekurangan gizi selain mempengaruhi kesehatan tubuh ternyata juga mempengaruhi kesehatan rambut. 

Jadi, cara kedua untuk mengatasi ubanan jika kamu masih muda dan menjaga kesehatan rambut adalah perbaiki asupan gizi di makanan yang kamu makan.


3. Kurang vitamin

Ubanan saat masih muda juga disebabkan oleh kurangnya vitamin. Terutama vitamin B kompleks atau B12. Kekurangan vitamin ini bisa membuat uban bertumbuh lebih cepat.

4. Rokok

Wah, ternyata rokok juga bisa membuat uban tumbuh saat masih muda. Mungkin rambutnya terlalu banyak kena asap ya, atau entahlah.

Yang pasti, hindari rokok, karena rokok berbahaya bagi kesehatan, dan ternyata juga termasuk kesehatan rambut.


5. Gen

Ternyata salah satu faktor rambut ubanan jika masih muda ternyata juga dipengaruhi oleh faktor gen. Jadi, jika orang tua kamu dulu saat masih muda juga mengalami masalah yang sama, yaitu sudah ubanan saat masih muda, bisa jadi jika kamu mengalami hal yang sama berarti karena faktor gen turunan dari orang tua kamu.

Kalau begitu masalahnya solusinya bagaimana ya? Yang penting fokus saja pada penyebab nomer 1 dan 2 dan cara mengatasinya. 

Selain beberapa faktor di atas, mungkin juga ubanan saat masih muda disebabkan oleh metabolisme yang terganggu, ketahanan tubuh yang lemah, fungsi ginjal yang juga terganggu, kelainan hormon, atau beberapa penyakit yang menyebabkan rambut menjadi ubanan.

Selain cara-cara mengatasi rambut ubanan saat masih muda yang sudah disebutkan di atas, berikut beberapa cara lain untuk mengatasi rambut ubanan jika kamu masih muda.


1. Menggunakan ampas teh

Dengan ampas teh adlaah salah satu cara mengatasi rambut ubanan. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu ampas teh didiamkan selama satu hari. Agar lebih maksimal, camprukan ampas teh dengan garam.

Setelah itu oleskan pada rambut atau kulit kepala secara merata. Lalu diamkan rambut selama satu jam, setelah itu baru keramas dengan sampo. Lakukan cara ini secara rutin sampai terlihat hasilnya.


2. Pakai putih telur

Putih telur selain bisa untuk membuat kue ternyata juga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Bukan hanya kesehatan kulit, tapi juga kesehatan rambut. Terutama putih telur ayam kampung.

Cara menggunakan putih telur untuk mengatasi ubanan saat masih muda adalah dengan mencampurkan 3 butir telur ayam kampung dengan setengah gelas air hangat dan setengah sendok teh garam. Setelah tercampur merata lalu oleskan pada rambut atau kulit kepala.

Pijat juga kepala kamu dan bilas setelah 2 jam. Kamu bisa melakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya terlihat.

3. Dengan yoghurt

Yoghurt ternyata juga bisa dipakai untuk mengatasi rambut ubanan saat masih muda. Caranya adalah dengan mencampurkan yoghurt dengan lada hitam dan kopi bubuk.

Setelah itu oleskan pada rambut atau kulit kepala dengan merata. Lalu diamkan selama 1 jam dan keramas hingga bersih. 

Perawatan ini sebaiknya dilakukan dengan rutin agar hasilnya maksimal.

4. Menggunakan minyak kemiri

Kemiri ternyata bukan hanya bisa dipakai untuk bumbu masak. Tepi juga bisa dipakai untuk mengatasi rambut yang memutih. 

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk kemiri sampai halus. Ketika ditumbuk, biasanya akan mengeluarkan minyak. Minyak kemiri itu dioleskan secara merata di rambut dan kulit kepala.

Lakukan cara ini secara rutin sampai uban di rambut kamu menghilang.

5. Memakai daun rambutan

Daun rambutan kabarnya juga bisa dipakai untuk menghilangkan uban pada rambut. Caranya adalah dengan memblender daun rambutan sampai lembut dan ambil sarinya.

Saru daun rambutan tersebut bisa dioleskan pada rambut atau kulit kepala lalu diamkan beberapa lama kemudian bilas dengan air hangat.


6. Dengan biji pepaya

Biji pepaya juga kabarnya bisa mengatasi rambut yang ubanan. Caranya adalah dengan mencuci dan rendam biji pepaya dengan air bersih.

Lalu biji pepaya itu disangrai dan kemudian setelah disangrai ditumbuk hingga halus.

Jika sudah halus, bisa ditambahkan dengan minyak kalapa dan campur hingga merata. Setelah itu baru oleskan pada rambut atau kulit kepala. Diamkan selama 2 jam lalu bilas.

7. Daun sepatu

Selain menggunakan daun rambutan, ternyata untuk mengatasi ubanan bisa juga dengan daun sepatu.

Caranya adalah dengan mencuci daun sepatu hingga bersih, lalu haluskan dan tambahkan air, dan saring.

Air perasan daun tersebut lalu oleskan pada rambut dan diamkan selama setengah jam. Kemudian bilas.

8. Minyak kelapa

Cara berikutnya untuk mengatasi rambut ubanan saat masih muda adalah dengan minyak kelapa. 

Caranya adalah campurkan minyak kelapa dengan jeruk nipis. Setelah tercampur merata, oleskan pada rambut dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Itulah beberapa cara mengatasi rambut ubanan jika kamu masih muda. Jadi, jika kamu ubanan, kamu bisa pilih cara salah satu dari cara di atas. Jangan mencabut uban karena itu bisa mengganggu saraf dan memicu tumbuhnya uban-uban lainnya.

Silakan colek teman kamu yang ubanan saat masih muda dengan menginformasikan info ini. Semoga saja bisa teratasi.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.