recent

Titulo

Ini rumus Cara menghitung berat badan ideal atau tidak. Kamu termasuk yang mana?

cara menghitung berat badan

Semua orang menginginkan berat badan yang ideal. Bukan hanya karena secara tampilan semata, tapi juga berkaitan dengan kesehatan dan juga kenyamanan.

Banyak penyakit yang bisa timbul akibat obesitas, tapi juga jika terlalu kurus juga tidak baik bagi kesehatan. Dari segi kenyamanan, jika terlalu memiliki berat badan yang berlebihan akan mengurangi kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. 

Begitu pun jika kekurangan berat badan. Jika sedang berjalan kemudian ada angin berhembus bisa melayang ke udara. Hehe... nggak begitu juga kali, ya.

Tapi banyak juga yang sulit untuk membuat berat badannya ideal. Ada yang merasa kekurangan berat badan, ada juga yang merasa kelebihan berat badan.

Seandainya saja yang kelebihan berat badan bisa menyumbang berat badannya pada yang kekurangan, mungkin semua orang berat badannya ideal ya. Hehe ... 

Tapi mungkin di antara kamu yang bertanya-tanya apakah berat badanmu termasuk ideal atau tidak. Nah, berikut ini adalah rumus cara menentukan berat badan yang ideal atau tidak.

Intinya, untuk menentukan berat badan yang ideal faktornya adalah tinggi badan dibandingkan dengan berat badan. Ada beberapa rumus yang menjadi patokan untuk menentukan berat badan.

1. Cara menentukan berat badan ideal dengan rumus Brocha


Untuk menentukan berat badan ideal dengan rumus Brocha dibedakan antara pria dan wanita.

Cara menentukan berat badan wanita dengan rumus Broscha

Untuk menentukan berat badan pria rumusnya adalah:

Berat badan ideal pria = (Tinggi badan (cm)-100)-(10% x (Tinggi badan (cm) - 100))

Contoh: Tinggi badan Anton 170 cm, jika ia ingin tahu berapa berat badan ideal yang harus dimilikinya, maka cara menghitungnya adalah:

(170-100)-(10%x(170-100)) = 63 kg.

Jadi jika Anton punya berat badan jauh lebih berat dari 63 kg maka ia kelebihan berat badan. Dan jika berat badannya kurang dari 63 kg maka ia kekurangan berat badan.

Cara menentukan berat badan wanita dengan rumus Broscha

Untuk menentukan berat badan wanita rumusnya adalah:

Berat badan ideal wanita = (Tinggi badan (cm)-100)-(15% x (Tinggi badan (cm) - 100))

Contoh: Tinggi badan Tini adalah 160 cm, jika ia ingin tahu berapa berat badan ideal yang harus dimilikinya, maka cara menghitungnya adalah:

(160-100)-(15%x(160-100)) = 51 kg.

Jadi jika Tini punya berat badan jauh lebih berat dari 51 kg maka ia kelebihan berat badan. Dan jika berat badannya kurang dari 51 kg maka ia kekurangan berat badan.

Itulah cara menentukan berat badan dengan rumus Broscha


2. Cara menentukan berat badan dengan rumus BMI (Body Mess Index)


Cara Untuk menentukan berat badan ideal atau tidak dengan rumus BMI patokannya sebenarnya sama, yaitu perbandingan antara tinggi badan dan berat badan.

Hanya saja, jika menggunkan rumus BMI, berikut rumusnya:

BMI = Berat badan (kg) : (Tinggi badan (m) x tinggi badan (m))

Contohnya misalnya si Tini berat badannya 51 kg dan tinggi badannya 160 cm. Maka untuk menghitung nilai BMI-nya adalah:

BMI = 51 : (1,6x1,6) = 51 : 2,56 = 19,92

Nilai BMI si Tini adalah 19,92. Lalu apakah termasuk ideal?

Jika menggunakan rumus BMI, berikut beberapa kategori ideal atau tidaknya:

BMI < 18 = Under weifht, atau kekurangan berat badan.

BMI 18-25 = Berat badannya Ideal

BMI 25-27 = Overweight atau kegemukan

BMI > 27 = Obesitas atau sudah terlalu gemuk dan tidak baik bagi kesehatan.

Artinya dalam contoh di atas, berat badan si Tini termasuk ideal karena nilai BMI-nya ada di antara 18-25 

Bagaimana dengan kamu? Silakan hitung apakah berat badan kamu termasuk ideal atau tidak. Siakan pilih apakah menggunakan rumus Broscha atau menggunakan rumus BMI.

Jika setelah dihitung ternyata kamu termasuk kurus atau kekurangan berat badan, sebaiknya mulai lebih banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat. Jangan lupa juga olah raga. Baca juga cara menambah berat badan secara alami dalam waktu 1 minggu.

Namun jika setelah dihitung ternyata kamu termasuk kegemukan atau apalagi obesitas, artinya kamu harus mulai menghindari makan-makanan berlemak. Kamu harus mulai juga rajin berolah raga. Karena obesitas tidak baik bagi kesehatan.

Tapi jangan juga diet secara berlebihan yang justru membahayakan kesehatan kamu.

Nah, silakan sebarkan info ini agar semua sobat caralogi tau bagaimana caranya menghitung untuk mengetahui berat badannya ideal atau tidak.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.