recent

Titulo

Ini cara-cara mendapatkan beasiswa, untuk pelajar dan mahasiswa

cara mendapatkan beasiswa

Setiap pelajar dan mahasiswa pasti ingin mendapatkan beasiswa. Beasiswa bentuknya memang bermacam-macam, ada yang berupa uang, berupa biaya sekolah atau kuliah, atau juga fasilitas penunjang lainnya. Ada juga yang memberikan beasiswa untuk kuliah di luar negeri.

Beasiswa biasanya diberikan dari pihak kampus tempat kamu kuliah, dari pemerintah, atau juga ada dari perusahaan.

Dari sekian banyak pelajar dan mahasiswa, hanya sedikit yang benar-benar berjuang mendapatkan beasiswa. Tapi tentunya ada juga yang berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan beasiswa tersebut. 

Motivasinya ada yang ingin meringankan beban orang tua, ada yang ingin mendapatkan beasiswa untuk meneruskan kuliah di luar negeri, dan lain sebagainya.

Mungkin ada juga yang ingin mendapatkan beasiswa tapi tidak tau bagaimana caranya.

Jika kamu mengalami hal itu, berikut beberapa cara mendapatkan beasiswa:


1. Disiplin dan serius dalam belajar


Tidak semua orang bisa mendapatkan beasiswa. Kamu harus disiplin dalam belajar. Sebisa mungkin selalu masuk sekolah atau kuliah dan datang sebelum jam belajar dimulai.

Jika kamu tidak disiplin, misalnya sering bolos sekolah, tentu sulit rasanya pihak sekolah atau kampus akan memfasilitasi kamu untuk mendapatkan beasiswa.


2. Bersikap baik

gambar via alakorsel.blogspot.com
Selain harus disiplin dan serius dalam belajar, kamu juga harus bersikap baik selama menjadi pelajar atau mahasiswa di sekolah atau kampus.

Tentu jika ada seorang mahasiswa yang tidak baik, atau kurang ajar, rasanya akan sulit mendapatkan beasiswa. Apalagi pelajar atau mahasiswa yang berani melawan guru atau dosennya dan mengaku-ngaku anak petinggi polisi. "Bapak sama ibu berani marahin saya?! Saya ini anak polisi. Kutandai muka kau ya Pak, buk!!" Aduhh yang kaya begitu jelas nggak akan dapet beasiswa.

3. Raih prestasi akademik


Jika kamu berhasil meraih prestasi akademik yang sangat baik, itu menjadi modal penting untuk bisa mendapatkan beasiswa. Karena biasanya, salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa adalah pelajar atau mahasiswa yang memiliki nilai minimal tertentu. Jika mahasiswa biasanya ditentukan nilai minimum IPK yang bisa mengajukan untuk mendapatkan beasiswa.

Tapi tentunya prestasi yang kamu raih harus benar-benar merupakan kemampuan kamu. Jangan mencontek untuk mendapatkan nilai yang baik. Karena ini bahayanya mencontek yang tidak disadari pelajar.


4. Miliki prestasi non-akademik


Selain prestasi akademik, prestasi non-akademik pun biasanya mendapat prioritas untuk diberikan beasiswa. Misalnya seorang mahasiswa yang juga menjadi atlet dan berprestasi. Karena telah mengharumkan nama kampusnya, daerahnya, atau bahkan negara, tentu dari pihak kampus atau pemerintah bisa saja memberikan beasiswa.

Jika kamu bukan atlet yang mengharumkan nama daerah atau bangsa, kamu bisa juga ikut berbagai lomba yang membawa nama baik sekolah atau kampus kamu. Misalmya lomba robot, lomba ilmiah, atau lomba lainnya. Jika kamu bisa berprestasi dan mengharumkan nama sekolah atau kampus, kamu bisa saja diberikan beasiswa.

5. Rajin mencari info beasiswa di sekolah atau kampus

Gambar via konsultanpendidikan.com
Poin pertama sampai keempat merupakan apa yang harus kamu miliki untuk mendapatkan beasiswa. Jika kamu sudah memenuhi kualitas yang cukup untuk mendapatkan beasiswa, kamu bisa mencari informasi tentang ada atau tidaknya beasiswa tersebut di sekolah atau kampus kamu.

Biasanya, info tentang beasiswa ditempel di mading, kamu bisa baca jika ada. Jika tidak ada kamu juga bisa tanyakan pada pihak sekolah atau kampus.


6. Rajin mencari info beasiswa di website


Selain mencari di sekolah atau kampus, cobalah cari di internet mengenai informasi tentang beasiswa. Biasanya di website kampus pun dicantumkan jika ada beasiswa.

Selain itu, info beasiswa dari perusahaan dan pemerintah pun biasanya dicantumkan di website-website tertentu.


7. Ajukan permohonan menjadi penerima beasiswa


Jika kamu sudah menemukan beasiswa yang kamu cari, lihatlah persyaratan pengajuannya. Jika kamu sudah bisa memenuhi persyaratannya lalu ajukanlah beasiswa tersebut pada pihak yang bersangkutan.

Siapa tau kamu yang terpilih untuk menerima beasiswa tersebut.

Silakan sebarkan info ini, agar para pelajar dan mahasiswa terpacu untuk terus belajar dengan rajin. Siapa tau mereka juga layak mendapatkan beasiswa.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.