recent

Titulo

Begini Cara Membedakan gorengan yang mengandung plastik dan tidak


Sudah sering kita lihat di televisi bahwa ada penjual gorengan yang mencampur gorengannya dengan plastik. Tentu itu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan berbagai macam penyakit jika terus dikonsumsi dalam waktu lama.

Biasanya, penjual secara diam-diam memasukkan plastik bening ke wajan yang berisi minyak goreng yang sedang dipanaskan. Sehingga plastik tersebut meleleh dan menyatu dengan minyak goreng.

Lalu gorengan digoreng atau dimasukkan ke minyak goreng tersebut. Sehingga plastik juga tercampur pada gorengan.

Ini biasanya dilakukan penjual gorengan agar gorengan tersebut lebih renyah dan kerenyahannya tahan dalam waktu lama. Gorengan yang terlihat renyah akan membuat pembeli lebih tertarik untuk membeli dan memakannya. Padahal tanpa disadari itu sangat berbahaya.

Lalu bagaimana caranya membedakan gorengan yang mengandung plastik dan yang tidak? Berikut caranya:


1. Dari warnanya


Gorengan yang mengandung plastik, warnanya akan terlihat lebih mengkilap dibandingkan gorengan yang tidak memakai plastik. Itu karena gorengan tersebut telah tercampur plastik.

Selain itu, gorengan yang mengandung plastik juga seringkali terlihat ada bercak-bercak putih. Itu karena plastik yang dilelehkan di minyak goreng tidak sempurna meleleh sehingga menggumpal menjadi bercak-bercak putih yang kemudian menempel di gorengan.

Jadi, jika kamu melihat ada gorengan yang lebih mengkilap dan terdapat bercak-bercak putih. Kemungkinan besar gorengan itu mengandung plastik.

2. Dari teksturnya


Jika gorengan diangkat dari wajan. Awalnya dari segi tekstur tidak akan terlalu terlihat perbedaan antara gorengan yang berplastik dan juga yang tidak menggunakan plastik. Tapi jika sudah didiamkan setelah beberapa lama, gorengan yang menggunakan plastik akan tetap terlihat masih renyah, sementara gorengan yang tidak menggunakan plastik mulai terlihat lunglai atau layu.

Tapi biasanya, pembeli justru lebih tertarik membeli gorengan yang renyah. Untuk itu berhati-hatilah.


3. Dari rasanya


Jika dirasakan, gorengan yang menggunakan plastik walaupun renyah akan ada rasa pahit yang terasa. Sementara gorengan yang tidak menggunakan platik tidak.

Jadi, jika kamu pernah makan gorengan yang terasa pahit, berhati-hatilah.


4. Jika dibakar


Jika dibakar, gorengan yang mengandung plastik akan terlihat seperi plastik yang dibakar. Apinya lebih besar dan ada tetesan-tetesan api dari gorengan tersebut.

Tetesan-tetesan tersebut berasal dari plastik yang telah tercampur di gorengan.

Itulah beberapa cara membedakan yang mana gorengan yang menggunakan plastik dan yang mana yang tidak. Silakan sebarkan info ini, semoga sobat caralogi lainnya bisa mengetahui perbedaannya agar tidak membeli gorengan plastik karena berbahaya bagi kesehatan.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.